Tips Merawat Cat Sepeda Motor Supaya Tetap Mulus

Motor Anda akan menjadi daya tarik kalau punya body yang mulus tanpa cacat. Orang-orang akan mengira Anda baru saja membelinya, padahal tidak. Satu yang biasanya paling menonjol terletak pada cat motornya. Terlalu seringnya terpapar panas atau terguyur hujan menjadi sebab utama turunnya  kualitas cat motor. Namun, ada banyak cara dan tips untuk merawat cat motor Anda. Supaya tetap tampil prima dan sempurna saat mengaspal di jalan raya.

Cara Merawat Cat Sepeda Motor Agar Tidak Cepat Rusak


Sebenarnya ada banyak penyebab  lunturnya atau rusaknya cat motor. Selain faktor alam dan keseringan di luar ruangan, cara perawatan pun juga memiliki andil. Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk menjaga penampilan motor Anda.

1. Claying 

Maksud kata claying ialah membersihkan kotoran yang menempel dengan alat berupa lilin yang mirip mainan anak-anak tersebut. Kotoran-kotoran yang berkerak memang sulit diangkat kalau Cuma digosok dengan kain biasa. Tujuan dari claying  sendiri yaitu untuk membuat cat motor Anda kembali segar dan halus. 
Cara menggunakan clay itu dengan menggosoknya ke sekujur body motor. Sebelum menggosok, gunakanlah semacam pelumas untuk mengurangi gesekan. Setelah menggosok dengan clay, usap body motor dengan lap microfiber berkualitas. Jika sudah, cobalah raba body motor Anda, lalu bandingkan dengan sebelum Anda melakukan claying, pasti Anda akan merasakan kehalusan yang lebih dari biasanya.

2. Cleaning

Artinya memang membersihkan. Terdengar cukup simpel. Namun, bukan sekedar membersihkan dengan barang sembarangan. Gunakanlah sebuah paint cleaner untuk membersihkan noda-noda yang menempel. Selain itu, penggunaan paint cleaner juga dapat meminimalkan gurat halus yang sudah terlanjur ada.

3. Polishing

Anda bisa menggunakan sebuah cairan khusus polishing. Tujuannya untuk menghidupkan kembali warna cat motor yang sudah luntur. Polishing merupakan terobosan baru sebagai tips merawat cat sepeda motor. Hasilnya pun cukup lumayan. Body motor yang sudah dipolish akan terlihat seperti motor keluaran baru.

4. Waxing
Waxing merupakan hal umum sebagai tips merawat cat sepeda motor. Tujuannya untuk memoles body motor Anda supaya terlindungi dari sinar UV. Pemilihan produk cairan waxing sangat berpengaruh terhadap lama perlindungan. Anda boleh memilih produk dengan bahan sintetis yang tersusun atas bahan kimia. Produk ini dikenal dengan memiliki jangka waktu perlindungan yang bagus.

5. Maintaining

Apapun bentuk perawatannya, maintaining adalah hal yang paling penting. Artinya, sejauh mana kita mampu menjaga hasil dari langkah-langkah diatas. Gunakanlah semacam produk quik detailer untuk mempertahankan penampilan motor Anda. Jika rutin dilakukan, maka lihatlah penampilan tunggangan Anda, tampak licin dan mulus.

Beberapa tips merawat cat sepeda motor diatas cukup umum dilakukan oleh semua pemilik kendaraan. Namun, semua langkah itu bisa dimulai dari tahap mencuci motor. Anda harus memperhatikan alat yang digunakan untuk mencuci. 

Pilihlah busa yang lembut untuk mengurangi potensi guratan-guratan halus pada cat motor. Selain itu, jangan pernah menggunakan sabun atau deterjen berbahan keras. Gunakanlah sabun yang memang khusus untuk mencuci kendaraan. Terakhir, hindari penggunaan lap kasar untuk mengeringkan body motor. Pilih lap jenis microfiber untuk hasil yang lebih memuaskan. Selamat mencoba!

0 Response to "Tips Merawat Cat Sepeda Motor Supaya Tetap Mulus"

Posting Komentar