Cara Pasang Ring Seher Sepeda Motor yang Benar

Ring seher atau ring piston merupakan komponen yang penting dalam mesin motor. Ring seher sendiri berfungsi sebagai penahan tekanan mesin dan untuk mengatur pelumas pada dinding mesin. Cara pasang ring seher sepeda motor yang tepat perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Pemasangannya perlu ketelitian dan usahakan jangan sampai terbalik. Resikonya bisa menyebabkan tidak maksimalnya kerja mesin dan yang terburuk bisa menimbulkan kebakaran.

Langkah Tepat Cara Pasang Ring Seher Sepeda Motor


Kita perlu mengetahui betul apa yang harus jadi perhatian dalam memasang komponen satu ini. Untuk Anda yang masih ragu atau bingung, ada baiknya untuk menyimak langkah-langkah dibawah ini. Dengan langkah yang benar serta hati-hati nantinya motor Anda akan aman dari segala kerusakan. Berikut ulasannya.

  1. Penting memahami kode dan warna pada ring seher. Selain itu, warna pada permukaan juga tak luput dari perhatian. Perlu diketahui bahwa permukaan ring kompresi dan ring oli jelas sangat berbeda. Ring kompresi memiliki permukaan yang lebih datar, sedangkan ring oli punya permukaan yang cenderung bergelombang. Tertera juga kode pada ring kompresi, terdapat kode N/T yang mengadap atas. Ring kompresi memiliki warna yang lebih gelap atau mengarah pada hitam merupakan ring 2 atau kebawah.
  2. Biarpun sama berfungsinya untuk menahan tekanan mesin di wilayah pembakaran. Namun, pemasangan ring piston harus dikerjakan dengan cara yang tepat. Itu disebabkan oleh fungsi spesifik kedua komponen yang jelas berbeda. Ring kompresi 1 berguna untuk menekan dinding silinder dari kebocoran kompresi. Disamping itu, ring kompresi 2 berfungsi untuk menjaga kerapatan tekanan kompresi serta membersihkan sisa oli atau pelumas yang menempel di dinding silinder.
  3. Jika Anda tidak ingin terkena imbas kebocoran, usahakan untuk tidak meletakan celah ring pada satu titik saat pemasangan ring kompresi. Jangan pula meletakan ujung ring kompresi pada celah ujung ring oli.
  4. Semua jenis ring piston/ring seher memiliki celah. Cara pasang ring seher sepeda motor yang benar yaitu dengan melihat celah pada ring itu. Hal ini mesti diperhatikan betul-betul supaya tidak terjadi kesalahan. Saat memasangnya nanti, letakan ring piston secara benar dan sesuai dengan piston motor Anda.

Cara pasang ring seher sepeda motor secara benar sangat dibutuhkan untuk seorang mekanik. Mereka memiliki tanggung jawab besar terhadap normalnya sebuah sepeda motor. Tak hanya untuk mekanik, Anda pun yang baru belajar mengotak-atik motor juga perlu belajar tentang ini. Banyak sekali gangguan yang akan diderita motor Anda kalau pemasangan ring piston/seher tidak benar. Oli yang tidak tersapu bersih dalam silinder, takutnya akan merembes dan masuk ke ruang pembakaran. Motor Anda pun berada dalam tanda bahaya. Anda pun bisa mengantisipasinya dengan memperhatikan langkah diatas. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Pasang Ring Seher Sepeda Motor yang Benar"

Posting Komentar