Cara Menyetel Ketinggian Pelampung Karburator Sepeda Motor dengan Mudah

Kita sering kali mengganti sejumlah komponen sepeda motor dengan tingkat yang lebih tinggi, salah satunya menyetel ketinggian pelampung. Cara menyetel ketinggian pelampung karburator sepeda motor dapat meningatkan performa pada motor. Pergantian komponen juga akan mengubah jumlah konsumsi bahan bakar dari sebelumnya. Selain butuh pergantian ukuran Jet (spuyer) yang lebih besar, kita juga perlu mengatur ketinggian pelampung dalam karburator.

Cara Menyetel Level Ketinggian Pelampung Karburator Sepeda Motor supaya Tidak Macet


Pelampung tersebut sangat penting untuk mengatur banyaknya bensin yang masuk ke reservoir. Jika kita membutuhkan Jet yang lebih besar, bensin yang masuk juga akan lebih besar. Apabila bensin pada reservoir kurang, hal itu akan menyebabkan motor sering batuk saat akselrasi, sebab bensin pada reservor sudah habis tersedot.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara menyetel ketinggian pelampung karburator sepeda motor, berikut ada berbagai langkah yang bisa Anda praktekan.

  1. Matikan mesin sepeda motor Anda
  2. Tutup kran tangki bensin
  3. Lepaslah mangkok karburator, setelah itu kosngkan isinya hingga bersih
  4. Pasangkan kembali mangkok karburator seperti awal
  5. Bukalah kran tangki bensin, agar bensin dapat mengalir ke reservoir/mangkok karbutator
  6. Tunggulah kurang lebih 1 menit hingga reservoir cukup terisi bensin.
  7. Tutup kembali kran tangki bensin, setelah itu buka kembali mangkok karburator pelan-pelan, pastikan bensin tidak tumpah kemana-kemana untuk mengetahui ketinggian dan volume bensi dalam mangkok karburator.
  8. Jarak 7 sampai 10 mm adalah angka normal ketinggian jarak dari permukaan bensin sampai tepi mangkok karburator. Ketinggian tersebut juga mengindikasikan banyak bensin yang normal juga. Banyak bensin yang tepat akan membuat campurannya dengan udara dalam karburator juga normal.
  9. Pastikan untuk berada pada angka yang telah disebutkan tadi, jika lebih akan menyebabkan bensin banjir dan membludak. Campuran antara udara dan bensin terlalu banyak. Untuk menyetelnya dengan cara merapatkan lidah pelampung. Cara ini pun berlaku pula sebaliknya.
  10. Cara menyetel ketinggian pelampung karburator sepeda motor yaitu dengan cara menekuk stopper pelampung karbu. Tekuklah pada bagian kaki stopper. Ingat, untuk menekuknya dengan berhati-hati, Anda bisa menggunakan tang atau obeng minus.
  11. Setelah itu, pasang kembali karburator, namun tidak perlu menutup sekrupnya. Tegakan karburator, dan biarkan bensin mengalir mengisi mangkok karburator.
  12. Setelah itu, cabut selang bensin, lalu perhatikan jumlah bensin yang mengisi. Jika masih banjir maka Anda menekuk posisi pelampung terlalu tinggi.
  13. Kalau ternyata bensin yang masuk kurang, maka Anda tinggal merendahkan ketinggian pelampung.

Memang seiring dengan penggunaan, ketinggian pelampung karburator juga bisa berubah dengan sendirinya. Pemilik kendaraan pun dibuat sibuk dengan motornya yang sering kali macet atau banjir. Namun, rangkaian cara menyetel pelampung karburator sepeda motor diatas lumayan untuk memandu Anda mengatasi masalah karburator motor. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Menyetel Ketinggian Pelampung Karburator Sepeda Motor dengan Mudah"

Posting Komentar