Panduan Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Raya Yang Aman

Bagi seseorang yang baru saja belajar mengemudi mobil tentu masih memiliki rasa takut dan panik bila sudah membawa mobil ke jalan  raya. Padahal yang terpenting dalam menjaga rasa keamanan dan kenyamanan seorang pengemudi adalah santai namun berani dan cepat saat mengambil keputusan. Lalu bagaimana cara mengemudi mobil manual di jalan raya yang aman bagi seorang pemula? Berikut caranya;

1. Temukan posisi mengemudi dan pegang kemudi yang baik 
Atur posisi tempat duduk dan posisi tubuh yang baik namun nyaman. Cobalah memegang kemudi dengan kedua tangan sejajar posisi jarum jam angka 9 (tangan kiri) dan angka 3 (tangan kanan) atau di posisi angka 10 dan 2. agar Anda dapat memutar roda kemudi ke kiri atau kanan secara cepat dan tepat.

2. Hindari atau jangan membiasakan meletakkan tangan pada bagian atas kemudi
Cara ini agar pengemudi tidak membuat airbag terkembang di saat yang tidak tepat. Air bag yang terkembang dalam posisi tangan masih di kemudi bisa melukai tangan pengemudi.

3. Selalu gunakan sabuk pengaman
Sabuk pengaman telah terbukti bisa menyelamatkan jiwa. Oleh sebab itu, selalu gunakan sabuk pengaman saat mengemudi di jalan raya.

4. Cobalah untuk selalu ikuti arus lalu lintas
Untuk keamanan bersama, usahakan untuk selalu mengikuti arus lalu lintas. Samakan kecepatan dengan kendaraaan lainnya. Jangan coba-coba untuk melawan arus dengan mengebut atau melambat di jalur yang salah di jalan raya.

5. Usahakan tetap fokus dan waspada
Berusahalah untuk tetap fokus, dengan memperhatikan arus lalu lintas, beri jarak dan gunakan selalu spion dalam memperhatikan laju kendaraan di belakang.   

6. Cobalah untuk tidak terdiam atau melambat di jalur paling kanan jalan raya
Jalur kanan adalah untuk mendahului maka dari itu, kita jangan memancing emosi pengemudi lainnya dengan sengaja diam atau melambat di jalur paling kanan jalan raya.

7. Usahakan selalu memberi tanda bila ingin pindah jalur
Bila ingin pendah jalur di jalan raya, sebaiknya memberi tanda dengan lambaian tangan pada pengemudi di belakang kita. Hal ini untuk mencegah kecelakaan tabrakan fatal yang sering terjadi akibat tiba-tiba memindah jalur kendaraan. 

8. Selalu menggunakan rem di saat yang tepat 
Banyak pengemudi pemula yang meremehkan penggunaan rem yang tepat, baik waktu dan cara menggunakan rem koplingnya di jalan raya.  Bila di jalan raya yang stabil gunakan gigi 2 dan 3 serta bisa menggas dengan kecepatan rata-rata, sedangkan bila sedang macet atau merayap, gunakan gigi 1 atau 2 dan tak perlu menggas, apalagi secara tiba-tiba.

9. Cukup tidur dan jangan menggunakan ponsel saat mengendara di jalan raya
Mengantuk dan menggunakan ponsel merupakan salah satu penyebab kecelakaan dalm lalu lintas. Oleh karena itu, bagi para  pengemudi disarankan untuk cukup tidur sebelum berkendara agar tidak mengantuk di saat mengemudi, terlebih mengemudi mobil manual di jalan raya. Dan cobalah untuk tidak menggunakan ponsel saat mengemudi. 


Demikian tips dari kami untuk cara mengemudi mobil manual di jalan raya secara aman. Selamat mengemudi dengan penuh kehati-hatian ya!

0 Response to "Panduan Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Raya Yang Aman"

Posting Komentar