Cara Cek Keaslian BPKB Mobil Via SMS dan Fisik

BPKB yang merupakan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor adalah salah satu kelengkapan dari surat-surat kendaraan yang sangat penting, selain STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Dengan kata lain, BPKB dan STNK merupakan hal yang sangat penting bagi setiap pemilik kendaraan. Karena kepentingan itulah, BPKB dan STNK sebaiknya selalu dibawa atau disimpan dalam mobil, seperti halnya KTP atau SIM yang selalu ada di dalam dompet atau tas kita. Hal ini akan berguna bila ada suatu masalah atau razia ditengah jalan, terutama dalam mengidentifikasi diri.

Untuk itulah, keaslian dari surat-surat tersebut, terutama BPKB sangat penting untuk bisa diketahui oleh kita, karena sekarang ini sedang marak-maraknya pemalsuan surat-surat berharga, seperti BPKB dan STNK serta lainnya.

Kejahatan pemalsuan ini tentu saja akan sangat merugikan pihak-pihak yang terkait, terutama para pemilik mobil yang asli. Oleh karena itulah, kita sebagai pemilik kendaraan haruslah berupaya mencegahnya, minimal dengan cara mengetahui keaslian surat-surat tersebut, terutama surat BPKB yang sedang kita miliki. Gimana caranya? Nah, untuk bisa membantu Anda, berikut ini adalah beberapa bocoran tentang cara cek keaslian BPKB mobil;

1. Pemeriksaan bentuk asli buku BPKB


BPKB asli kalau dilihat dalam bentuk asli adalah berupa sebuah buku kecil yang berukuran 17x12cm. Buku BPKB ini umumnya bersampul bahan kulit berwarna biru dongker yang mana isinya ditulis dengan tinta berwarna tinta putih keperakan, terutama pada bagian penulisan nomor BPKBnya. Jika Anda melihat tidak dalam bentuk buku dengan tampilan seperti di atas, maka Anda patut curiga kalau buku BPKP tersebut palsu atau copyan. Langkah berikutnya adalah memastikan buku BPKB tersebut berwarna keabu-abuan dasar kertasnya serta terdiri dari 22 halaman, yang mana didalamnya terdapat watermark serta benang pengaman selayak hologram pencegah pemalsuan. Kemudia barulah kita mengecek isi buku BPKB secara teliti, apakah terdapat catatan tentang nama pemilik kendaraan dan perubahannya, keterangan kepabeannya, identifikasi kendaraan , pendaftaran polisi, pelunasan pajak/BBN, catatan pejabat Polisi Lalu Lintas beserta keterangan  lainnya. Bila catatan tersebut tidak ada atau terasa ganjil maka patut dicurigai bahwa buku BPKB tersebut palsu.

2. Pemeriksaan nomor polisi yang tertera pada buku BPKB 


Cara pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan mendatangi secara langsung kantor Samsat terdekat sambil membawa BPKP tersebut untuk dicek nomor polisinya. Adapun cara kedua adalah mengecek nomor yang tertulis pada buku BPKB tersebut secara online. Jadi, Anda perlu mengunjungi website resmi Samsat (Baca Note : daftar situs resmi Samsat) lalu mengetikkan nomor polisi pada BPKB lalu tekan enter atau sesuai dengan petunjuk yang ada pada website. Adapun cara ketiga adalah melalui sms dengan format yang telah ditentukan oleh Samsat daerah,yakni sebagai berikut :

- Jakarta
Ketik sms : METRO<spasi>PlatNomorKendaraan
kirim ke 1717

- Jawa Barat
Ketik sms : poldajbr<spasi>PlatNomorKendaraan
kirim ke 3977

- Jawa Tengah
Ketik sms : JATENG<spasi>PlatNomorKendaraan
kirim ke 9600

- Jawa Timur
Ketik sms : JATIM<spasi>PlatNomorKendaraan
kirim ke 7070

*Note : Daftar situs resmi Samsat beberapa daerah
- Jakarta ( www.samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/ )
- Jawa Barat ( www.dispenda.jabarprov.go.id/index.php/learning/samol3 )
- Jawa Tengah ( www.dppad.jatengprov.go.id/pajak_kendaraan.html )
- Jawa Timur ( www.esamsat.jatimprov.go.id )

Untuk daerah lainnya, bisa menanyakannya ke kantor Samsat daerah setempat atau bersangkutan. Demikianlah ulasan tentang beberapa tips cek keaslian BPKB Mobil di artikel ini.

0 Response to "Cara Cek Keaslian BPKB Mobil Via SMS dan Fisik"

Posting Komentar