Cara Bongkar Pasang Ban Sepeda Motor Sendiri di Rumah

Kadang kita suka dibuat bingung dengan masalah ban motor. Entah itu bocor atau pecah, yang jelas kita sering kesulitan, apalagi saat sedang diburu oleh waktu. Kita pun terpaksa harus mendorong motor hingga bertemu tukang tambal ban. Sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah bocor, harus mendorong, lelah, keluar uang lagi.

Cara Bongkar Pasang Ban Sepeda Motor Secara Mudah


Namun, pernahkah kita berpikir untuk bisa menggantinya sendiri. Tentunya akan sangat menguntungkan buat kita, dan khususnya untuk Anda. Sisi keuntungan itu terletak pada hematnya biaya ketika masalah serupa menerpa Anda. Tidak perlu lagi Anda menyerahkan masalah bongkar pasang pada mekanik. Anda tinggal mempelajari cara bongkar pasang ban sepeda motor yang benar. Berikut langkah yang bisa Anda pelajari supaya bisa mengatasi masalah ban motor hanya dengan alat-alat seadanya.

  1. Pastikan Anda sudah mempersiapkan alat berupa kunci ring ukuran 12 sampai 22, kunci yang cocok untuk bagian ban motor segala tipe biasanya terletak di antara kedua nomor tersebut. Jangan sekali-kali memakai kunci pas, karena akan berpotensi merusak mur dan baut.
  2. Alat selanjutnya ialah sendok ban untuk mengeluarkan ban luar dari pelek. Setelah itu, siapkan kunci pentil, pompa angin, dan tang untuk mengambil pen pada as roda.
  3. Setelah semua alat selesai, Anda sudah bisa memulai membongkar ban sepeda motor. Mulailah dengan memposisikan motor berdiri dengan standar tengah supaya mempermudah pekerjaan Anda
  4. Bukalah mur dan baut roda bagian depan dengan menggunakan kunci ring. Selanjutnya, tarik menyerong roda ke bawah agar bisa dilepas.
  5. Buka pentil ban untuk mengempeskan ban dalam motor. Kalau sudah kempes, Anda tinggal mencongkel ban luar dari pelek menggunakan sendok ban
  6. Setelah itu, tarik perlahan ban dalam dari pelek
  7. Cara bongkar pasang ban sepeda motor supaya pelek tidak lecet dengan meletakan alas berupa kain atau karet pada pelek saat proses mengeluarkan ban luar.
  8. Jika sudah terlepas semua, Anda bisa memasukan air sabun pada bagian hill pelek. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda saat memasang ban luar yang baru.
  9. Lalu, siapkan bedak saat hendak memasang ban dalam pada rongga ban luar motor Anda. Tujuannya agar ban dalam tidak menempel dengan rongga ban luar.
  10. Jika semua sudah terpasang rapi, Anda tinggal memasukan semua sisi ban luar ke dalam pelek. Lakukanlah dengan mengAndalkan sendok ban. Pastikan Anda berhati-hati dalam memasuka ban luarnya, supaya sendok ban tidak merobek ban dalam yang nantinya bisa menyebabkan kebocoran.
  11. Pastikan semua sudah benar-benar terpasang rapi dan tepat. Jangan sampai terlihat tidak presisi. Sebab, jika pemasangan tidak lurus nantinya akan mengganggu laju motor saat berjalan.
  12. Selanjutnya, isilah ban dengan angin bertekanan antara 28-30 Psi. Angka tersebut adalah tekanan normal ban sepeda motor. Usahakan jangan lebih atau kurang.
  13. Pasanglah roda kembali pada tempat awal. Gunakanlah kembali kunci tadi untuk mengencangkan mur dan baut. Setelah itu, pastikan ikatannya sudah benar-benar kencang
  14. Sepeda motor Anda pun sudah siap untuk mengaspal!

Cara bongkar pasang ban sepeda motor ini adalah metode yang paling umum dilakukan oleh sebagian orang atau mekanik bengkel. Terlihat mudah bukan? Ternyata melakukan bongkar pasang tidak sesulit yang kita kira. Anda pun bisa melakukannya sendiri setelah membaca tips diatas. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Bongkar Pasang Ban Sepeda Motor Sendiri di Rumah"

Posting Komentar