4 Cara Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin Secara Mandiri

Fungsi keberadan AC pada mobil yaitu untuk mendinginkan kabin mobil. Ini sangat penting, mengingat kabin mobil ialah ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang minim. Kondisi ini akan menyebabkan udara dalam ruang kabin akan memanas perlahan. Panas tersebut bisa diredam dengan keberadaan AC. Sehingga, kenyaman pengemudi serta penumpang akan terjaga. Namun, apa yang Anda rasakan ketika kenyamanan Anda terganggu karena rusaknya AC mobil? Banyak dari kita yang mencari cara mengatasi AC mobil tidak dingin. Mulai dari membawanya ke bengkel atau memperbaikinya sendiri.

Tips Cerdas Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin


Banyak faktor yang menyebabkan AC tidak dingin. Faktor tersebut memang sulit kita temukan, namun bisa kita lihat tanda-tandanya. Jenis atau wujud kerusakan memiliki pertanda yang berbeda-beda. Terkadang orang langsung menuju kepada pokok masalah tanpa melakukan peninjauan terhadap kondisi yang terjadi. Hal ini berpotensi membuang waktu, sebab mereka tidak tahu cara cerdas dan tepat untuk memperbaiki kerusakan AC mobil. Supaya proses perbaikan tidak memakan banyak waktu, lebih baik perhatikan beberapa jenis kerusakan berikut

1. Kabin idak dingin, tapi AC Mobil menyala
Sangat umum dijumpai kasus semcam ini. Banyak faktor yang menyebabkan AC mobil tidak dingin, diantaranya kompresor yang rusak, sekring putus, magnetic clutch rusak, atau tersumbatnya evaporator dan filter dryer. Jika Anda menemui masalah serupa pada mobil Anda, mulailah dengan mengecek sekring, setelah itu periksa tekanan pendingin, pastikan pula tidak bocor. Apabila terjadi kebocoran, cari lokasi atau titik yang bocor, setelah itu tinggal diperbaiki. Selanjutnya lakukanlah vaccum dan tambah oli, kemudian isilah kembali dengan pendingin yang baru. Jika bagian refrigerant (pendingin) beres, Anda bisa lanjut ke bagian kompresor, apabila terjadi kerusakan, Anda bisa melakukan pergantian atau memperbaikinya. Jangan lupa juga untuk memeriksa evaporator, pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat.

2. Blower atau kipas AC mati
Masalah ini biasa terjadi akibat adanya kerusakan pada bagian motor blower. Misalnya, adanya kabel atau bagian kelistrikan lain yang putus mungkin bisa jadi penyebab kipas/blower tidak berputar. Anda bisa mulai memperbaiki dari bagian motor blower yang terletak di evaporator. Periksalah bagian tersebut, pastikan tidak ada benda yang mengganggu putaran. Jika ditemukan kerusakan, cobalah perbaiki atau mengganti bagian motor blower. Jangan lupakan bagian kelistrikan yang menyambung pada motor, pastikan semua kabel tersambung baik dan tidak ada yang putus. Ini merupakan salah satu cara memperbaiki AC mobil tidak dingin.

3. Kondensor tidak berfungsi
Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin ialah tidak berfungsinya kondensor yang sejatinya berfungsi sebagai pelepas kalor. Cara mengatasinya ialah dengan memeriksa bagian kelistrikan seperti sekring, kabel, atau konektor lain, tidak lupa pastikan motor blower berfungsi. Satu lagi, periksalah relay yang terpasang pada motor blower, jika rusak segera gantilah dengan relay yang baru.

4. AC mobil kurang dingin
Masalah ini kadang terasa sepele, namun hal ini merupakan suatu pertanda kerusakan.  AC mobil yang kurang dingin saat dinyalakan biasanya terjadi karena kondensor, thermostat, atau evaporator yang bocor. Periksalah terlebih dulu kondisi thermostat dan stelat. Pastikan kondensor tidak tertutup oleh benda seperti plastik atau dedauanan yang menghambat pelepasan kalor dari kompresor.

Tips diatas merupakan cara memperbaiki AC mobil tidak dingin di rumah. Namun, Anda tidak perlu menjadikan ini sebagi patokan utama. Selain itu, jangan juga untuk mencoba melakukannya sendiri apabila dirasa kurang yakin. Sebab, hal itu akan meningkatkan resiko serta potensi kerusakan. Ada baiknya, percayakan pada bengkel terdekat Anda.

0 Response to "4 Cara Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin Secara Mandiri"

Posting Komentar