Cara Menghilangkan Cat pada Blok Mesin Sepeda Motor dengan Paint Remover

Kadang kita sebagai pemilik sepeda motor suka tidak nyaman dengan cat yang menempel di blok motor. Hal ini jelas mengganggu penampilan sepeda motor kita. Bodi motor sudah mulus, tapi ternyata blok mesin motor masih banyak tertempel kotoran. Sudah pasti, Anda atau orang yang melihatnya langsung kaget. Bagaimana mungkin penampilan motor sebagus itu harus ternodai oleh kondisi blok motor yang kotor.

Langkah Tepat Cara Menghilangkan Cat pada Blok Mesin Sepeda Motor

Kita pun biasa bergegas mencari amplas atau sebuah benda semacam obeng untuk membersihkan blok mesin yang kotor. Namun, langkah tersebut justru membuat blok mesin motor Anda makin terlihat buruk.

Kenapa bisa? Sebab gesekan permukaan blok mesin dengan benda keras atau kasar semacam amplas akan menyisahkan guratan-guratan yang mengganggu. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ada tips cara menghilangkan cat pada blok mesin sepeda motor. Tips ini cukup berguna untuk membersihkan cat pada blok mesin Anda secara aman tanpa ada guratan yang tertinggal. Berikut langkah-langkahnya.

1.     Siapkan Paint Remover

Cat merupakan bahan yang mudah mengering. Namun, usai kering sangat sulit untuk dihilangkan atau diangkat. Butuh sebuah alat atau bahan yang dapat menghilangkan cat secara bersih dan aman. Bahan itu berupa cairan kimia yang biasa disebut “Paint Remover”.

2.     Siapkan alat-alat

Anda harus menyediakan beberapa perlatan pendukung. Seperti skrap, amplas halus, kaos tangan, dan “Paint Remover”. Jangan lupa siapkan blok mesin yang sudah dilepas.

3.     Jangan lupakan keselamatan Anda

Hal ini bisa diantisipasi lewat penggunaan sarung tangan. Paint Remover adalah cairan kimia yang sifatnya keras. Penggunaan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung cairan dengan kulit yang berpotensi menyebabkan gatal atau iritasi.

4.     Lakukanlah pembersihan

Cara menghilangkan cat pada blok mesin sepeda motor berlanjut dengan menyemprotkan atau mengusapkan Paint remover dengan kuas. Tujuannya untuk melunakan cat yang mengeras. Tunggulah dalam beberapa menit supaya cairan bekerja maksimal. Gunakanlah skrap untuk mengangkat cat tersebut. Inilah yang menjadi alasan untuk menggunakan Paint remover.

Dengan menyemprotkan cairan itu, cat akan mudah sekali dibersihkan, tanpa harus banyak mengeluarkan tenaga untuk mengangkat atau membersihkan. Apabila langkah ini masih tetap menyisakan cat yang membandel, Anda bisa mengulangi langka sebelumnya, pastikan noda cat benar-benar bersih.

5.     Cuci blok mesin hingga bersih

Jika dirasa sudah cukup, Anda tinggal mencuci blok mesin motor Anda dengan sabun. Cucilah hingga bersih dan bebas dari paint remover yang tersisa. Pastikan Anda masih tetap memakai sarung tangan.

6.     Cat ulang biar makin sempurna

Anda juga butuh untuk melakukan pengecatan ulang. Sebelumnya, Anda harus menghaluskan permukaan blok mesin dengan amplas halus. Setelah itu, Anda bisa melakukan pengecatan.

Cara menghilangkan cat pada blok mesin sepeda motor diatas sekiranya lumayan ampuh untuk solusi masalah Anda yang kadang suka jengkel dengan noda-noda yang membandel. Setelah membaca tips dan langkah diatas, terlihat mudah bukan? Apalagi dengan adanya Paint Remover. Anda tinggal membelinya di toko cat atau dealer motor terdekat dengan harga yang cukup terjangkau.

0 Response to "Cara Menghilangkan Cat pada Blok Mesin Sepeda Motor dengan Paint Remover"

Posting Komentar