Mari Mengenal Cara Kerja Rem Hidrolik pada Sepeda Motor

Rem merupakan komponen yang sangat penting pada semua jenis kendaraan. Gunanya untuk menahan atau memberhentikan laju kendaraan. Sebagai komponen sistem keamanan, rem patut sekali untuk dirawat performanya. Jika tidak dirawat dengan benar, maka yang jadi taruhan justru keselamatan Anda dan juga kendaraan Anda.

Begini Cara Kerja Rem Hidrolik pada Sepeda Motor untuk Perawatan


Rem memiliki berbagai jenis, sesuai dengan alat atau media yang terpasang. Namun fungsinya masih sama. Kita mengenal sistem rem hidrolik pada sepeda motor. Penting rasanya untuk mengetahui cara kerja rem hidrolik pada sepeda motor. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin merawat rem sepeda motor Anda tetap bagus. Uraian dibawah ini mungkin akan membantu Anda mengenal cara kerja rem hidrolik pada sepeda motor.
  1. Perlu diketahui, rem pada motor tentu sangat berbeda dengan rem pada mobil. Rem motor memiliki ukuran yang lebih kecil. Tetapi, tetap membutuhkan daya cengkram atau daya henti yang kuat.
  2. Sistem hidrolik diterapkan pada rem jenis cakram. Rem ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan supaya tidak membebani sepeda motor saat melaju di jalan.
  3. Rem ini biasanya berbahan alumunium yang ringan. Bahan ini juga dikenal tahan karat dan mudah untuk dibersihkan.
  4. Rem cakram hidrolik memiliki daya cengkram yang kuat. Hal ini dikarenakan adanya piston yang melengkapi. Pada motor bebek biasanya terdapat dua sampai empat piston. Piston bisa lebih banyak lagi pada motor sejenis harley davidson dan lainnya.
  5. Rem cakram ini bekerja dengan mengandalkan kabel atau batang yang digerakan secara hidrolik. Kabel atau batang ini bergerak oleh tekanan dari cairan.
  6. Setelah itu, piringan rem dijepit dengan dua buah sepatu rem yang bergerak karena dorongan hidrolik yang kuat.
Cara kerja rem hidrolik pada sepeda motor pun cukup simpel untuk dipelajari. Bagi yang hendak merawat sistem pengereman, maka tulisan di atas sangat penting untuk Anda. Selain itu, keunggulan rem cakram juga lebih bisa diAndalkan dibanding rem jenis lain. Bahannya yang terbuat dari alumunium akan mempermudah Anda saat membersihkannya dari kotoran. Anda juga tidak perlu khawatir karat menempel pada komponen rem.

Ditambah lagi posisinya yang berada di luar membuatnya lebih terbuka dan mudah dalam mengamatinya. Posisi ini juga memungkinkan rem lebih cepat dingin karena langsung tertiup oleh angin yang berhembus. Rem yang cepat dingin membuat daya cengkramnya lebih stabil dan keawetan komponen bisa lebih terjaga. Di samping itu, sepeda motor juga lebih seimbang karena tidak ada kejut saat melakukan pengereman.

Untuk yang masih penasaran, cara kerja rem hidrolik pada sepeda motor ini bisa dicek sendiri pada motor Anda. Semoga tulisan diatas dapat membantu mengenal lebih dalam tentang sistem pengereman motor Anda.

0 Response to "Mari Mengenal Cara Kerja Rem Hidrolik pada Sepeda Motor"

Posting Komentar