Beginilah Cara Stel Pelek Sepeda Motor di Rumah

Motor dengan pelek jari-jari memiliki penggemarnya sendiri. Dominasi motor keluaran baru yang mengusung pelek racing sebagai ciri khasnya yang lebih futursistik memang tidak bisa dihindari. Tetapi, nyatanya masih banyak juga yang mencintai pelek versi lama berupa jari-jari yang terpasang. Untuk itu, kali ini kita akan belajar bagaimana cara stel pelek sepeda motor sendiri.

Tips dan Cara Stel Pelek Sepeda Motor Supaya Lebih Kuat


Cara stel pelek sepeda motor yang benar sangatlah penting. Tetapi sebelumnya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Pilihlah tipek pelek sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah pelek yang kuat dengan bentuknya yang standar, tidak kurang juga tidak berlebihan. Kalau boleh, pilihlah pelek yang memiliki kualifikasi Internasional. Sebab, kualitasnya lebih terjamin walaupun harganya lebih merogoh dompet.
  2. Penting untuk Anda menggunakan tromol yang sesuai standar keluaran pabrik motor Anda. Tromol yang asli memiliki bentuk yang lebih presisi. Selain itu, tromol asli terbukti lebih awet dan tidak gampang rusak. Nantinya itu juga akan mempermudah Anda dalam menyetel pelek sepeda motor Anda.
  3. Gunakanlah jari-jari yang cocok dengan diameter atau ukuran pelek. Jari-jari yang terlampau panjang akan menusuk hingga ban dalam. Begitupun sebaliknya, jangan pula terlalu pendek. Jari-jari yang terlalu pendek tidak akan terpasang dengan baik, sehingga akan menyebabkannya mudah patah.
  4. Laher yang bagus akan mendukung penampilan pelek yang maksimal. Anda bisa memilih laher motor apapun, asal kualitasnya bisa dijamin.
Setelah Anda mematuhi rambu-rambu di atas, Anda sudah bisa memulai pemasangan jari-jari pelek motor. Berikut cara stel pelek sepeda motor yang benar dan sesuai standar.
  • Mulailah dengan memasang atau menyetel pelek Anda dari sisi kanan dan sisi kiri. Jari-jari bagian dalam berukuran lebih pendek daripada bagian luar. Setelah itu, Anda lanjutkan memasang jari-jari bagian luar yang berjumlah 36 batang dengan benar dan tepat. Jari-jari terluar memilki ukuran yang lebih panjang dan dilengkapi dengan kait yang lebih besar.
  • Lanjutnya, lakukanlah pemasang bearing roda secara benar dan sempurna. Setelah itu, Anda bisa melanjutkannya dengan menyetel pelek sepeda motor.
  • Pastikan pemasangan jari-jari motor sudah sesuai dengan setelan yang benar. Pastikan juga tidak jari-jari yang menyilang supaya menghindari dari kebengkokan. Anda dipermudah dengan desain bawaan pelek yang terdapat alur pemasangan. Terkahir, Anda harus benar-benar memastikan bahwa jari-jari sudah terpasang dengan sempurna. Ciri-cirinya adalah hasilnya terlihat center dan rapi. Selain itu, tidak ada goresan yang membekas dan setelan jari jari berada pada posisi yang kuat.
Penampilan pelek dan roda yang prima memang sungguh menjadi idaman para penggemar pelek jari-jari. Biarpun terkesan klasik, namun hal itu justru menjadi suatu kebangaan tersendiri. Untuk Anda yang mencoba cari cara stel pelek sepeda motor sendiri, mungkin tips diatas sangat berguna untuk Anda. Selamat mencoba!

0 Response to "Beginilah Cara Stel Pelek Sepeda Motor di Rumah"

Poskan Komentar