Begini Cara Cek Fisik Sepeda Motor di Samsat

Cek fisik kendaraan bermotor berguna untuk mempermudah wajib pajak dalam proses pengurusan surat-surat kendaraan. Biasanya saat pengurusan STNK, mutasi, atau jual beli pasti akan membutuhkan hasil cek fisik. Jika Anda punya motor yang berdomisili Yogyakarta, tapi asal samsat dari Jakarta. Atau Anda ingin memutasi motor Anda dari Surabaya ke Bandung. Semua itu butuh yang namanya hasil cek fisik kendaraan bermotor.

Cara Cek Fisik Sepeda Motor Secara Singkat dan Jelas


Cek fisik sepeda motor biasanya dilakukan oleh pihak Kepolisian. Anda bisa mencari referensi dari Divisi Humas Polri mengenai info cek fisik. Namun, buat Anda yang masih bingung mengenai cara dan tata tertibnya. Berikut dibawah ini tersaji cara cek fisik sepeda motor secara singkat dan jelas.

1. Datangilah kantor samsat terdekat. Pastinya yang sesuai dengan domisili Anda saat itu.

2. Parkirkan motor Anda di bagian tempat cek fisik roda 2. Setelah itu, Anda akan mendapati beberapa petugas cek fisik yang telah menunggu. Mereka akan meminta Anda menunjukan STNK dan BPKB motor Anda. Mereka akan mengecek keaslian kedua dokumen kendaraan tersebut. Setelah diketahui asli, mereka akan langsung membubuhi sebuah stempel di STNK yang bertuliskan “KENDARAAN DATANG”.

3. Selanjutnya, petugas langsung mengarahkan Anda ke bagian loket cek fisik. Anda langsung saja mendatangi loket yang telah ditujukan. Sesampainya di loket, tunjukan STNK yang telah dibubuhi stempel dan tidak lupa BPKN motor Anda. Selanjutnya, petugas akan memberikan selembar formulir dan lembar cek nomer mesin.

4. Silahkan Anda mengisi formulir tersebut. Pastikan Anda sudah membawa alat tulis sendiri, karena biasanya disana tidak disediakan alat tulis. Namun, bila Anda memang benar-benar atau lupa tidak bawa, Anda boleh meminjamnya pada orang di sekitar Anda.

5. Isian yang perlu diisi pada formulir berisi info yang tertera di STNK. Anda tinggal menyalinnya saja dan menuliska pada formulir. Jika form sudah terisi semua, Anda kembali ke loket cek fisik lagi dan menyerahkan formulir pada petugas yang menunggu di meja loket.

6. Petugas akan melakuka pengecekan terhadap kecocokan dokumen dengan yang ada di fisik motor. Mulai dari STNK dan BPKB semua nomor dan angka diperiksa kecocokannya.

7. Pengecekan sudah selesai apabila semua telah benar dan cocok. Hasilnya nanti akan diletakan di atas meja untuk segera ditAndatangani.

8. Cara cek fisik sepeda motor ini mungkin cukup simpel. Namun, biasanya ada juga samsat yang meminta sejumlah uang sebagai biaya administrasi. Tetapi, ada pula yang justru gratis tanpa biaya sepeserpun

9. Selain itu, durasinya juga bervariasi tergantung ramai tidaknya suasana pengecekan. Normalnya, hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk menerima hasil cek fisik.

Langkah diatas mungkin saja bisa berbeda antara samsat satu dengan lainnya. Semua itu tergantung keramaian serta pelayanan dari petugas. Pastinya, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting untuk melakukan cek fisik. Mungkin, cara cek fisik sepeda motor diatas bisa membimbing Anda secara umum. Lebih detilnya lagi tergantung dari kebijakan yang berlaku di daerah setempat.

0 Response to "Begini Cara Cek Fisik Sepeda Motor di Samsat"

Poskan Komentar