Tips Beli Motor Seken Bagus di Dealer

Untuk mendapatkan sepeda motor bekas yang berkualitas memang butuh kesabaran. Sudah banyak dealer motor bekas yang kini bertengger di sisi jalan. Perlu diingat, terkadang juga ada penjual motor bekas nakal yang sengaja merekayasa penampilan barang dagangannya. Kita suka luput dengan penampilan yang mulus atau harga yang murah, namun tanpa kita sadari mesin dan komponen dalamnya berkualitas buruk. Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, berikut beberapa tips beli motor seken yang berguna untuk Anda.

Tips Beli Motor Seken yang Aman dari Penipuan


1.     Carilah info harga pasaran motor

Internet menyediakan beragam info mengenai harga motor bekas. Merk dan tipe manapun tersedia. Anda hanya perlu membuka mesin pencari Anda, lalu ketik merk motor incaran, setelah itu tinggal tambahkan kota domisili. Munculah beragam info serta alamat dealer yang menyertakan katalog motor bekasnya. Pastikan dealer tersebut jelas dan bisa ditemukan. Bukan dealer abal-abal yang sengaja mencantumkan informasi harga untuk tujuan yang tidak baik.

2.     Cek nomor mesin dan rangka

Hal ini dapat Anda lakukan ketika Anda telah menentukan pilihan motor seken idaman. Sebelum Anda benar-benar sepakat, pastikan bahwa nomor rangka dan mesin masih asli dan belum ada perubahan. Setelah itu, cocokanlah dengan nomor yang tertulis di STNK.

3.     Cek oli motor

Biasanya, dealer akan menjanjikan oli baru ketika ada pembeli yang berminat. Hal itu cukup umum sebagai bagian dari pelayanan. Namun, jangan salah kini ada oknum yang sengaja mengisi penuh oli. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan suara motor yang lebih halus, dengan ini suara asli motor yang mungkin berisik akan tertutupi. Usahakan Anda untuk membuka tutup oli dan mengukur volume oli motor di dalam mesin.

4.     Periksalah bagian speedometer

Bagian ini sangat sering dibuka ketika terjadi kerusakan. Maka dari itu, lakukanlah pemeriksaan pada speedometer. Pastikan tidak ada goresan, retak, atau semacam bekas pembongkaran. Periksa juga jarak yang telah ditempuh motor seken yang akan Anda beli. Jika sudah menyentuh angka 20.000 km, sudah diprediksi motor Anda dalam kondisi buruk, akan ada banyak komponen yang harus diganti.

5.     Cobalah untuk melakukan perpindahan gigi motor

Setelah motor dihidupkan, pastikan bahwa mesin dalam kondisi yang langsam. Artinya tidak ada hambatan ketika mesin hidup seperti, batuk-batuk pada mesin. Selanjutnya, coba jalankan motor lalu lakukanlah perpindahan gigi. Jika masih sulit, maka kanvas kopling motor itu perlu diganti. Kemudian, terdengar suara desiran ketik motor berjalan, bisa dipastikan gigi primer motor Anda juga perlu diganti. Tips beli motor seken ini sangat berguna untuk memastikan kendaraan Anda berjalan normal.

6.     Cek kelistrikan motor

Kelistrikan motor meliputi aki, lampu, starter, dan lain-lain. pastikan semua lampu hidup dengan normal. Selain itu, aki yang masih bagus pastinya dapat menghidupkan motor lewat starter elektriknya.

7.     Cek roda dan kebocoran

Dealer akan memberikan bonus ban yang masih baru ketika ada transaksi. Namun, pastikanlah ban tersebut bukanlah ban vulkanisir yang dipercantik seperti ban baru. Selain itu, roda juga jangan sampai Anda mendapati bengkok atau cacat, sebab akan mengganggu laju motor Anda. Terakhir, mintalah test ride kepada dealer untuk menguji laju kendaraan. Jika Anda menemukan kebocoran bensin atau oli, janganlah untuk terburu untuk memilih kendaraan tersebut.

Tips beli motor seken diatas penting untuk Anda yang hendak memiliki kendaraan berkualitas. Saat ini memang banyak oknum yang tega melakukan tindak penipuan lewat bisnis motor bekas. Namun, dengan adanya tips ini, penulis harap Anda dapat terhindar dari kecurangan. Sehingga kenyamanan serta keselamatan Anda dalam berkendara dapat terjamin.

0 Response to "Tips Beli Motor Seken Bagus di Dealer"

Poskan Komentar