Cara Pasang Lampu HID Pada Mobil Yang Mudah dan Benar

Lampu HID (High Intensity Discharge) merupakan lampu jenis kualitas tinggi yang sangat berperan dalam pencahayaan pada malam hari, terutama bagi kendaraan. Bila mobil dilengkapi oleh lampu HID maka resiko terjadinya kecelakaan bisa sangat diminimalisasi. Adanya penerangan yang baik dan jelas akan membuat para pengendara akan merasa nyaman dan aman dalam mengendara di malam hari. Tetapi pemakaian lampu HID ini tentunya tidak boleh sembarangan karena bisa menjadi masalah bagi mobil Anda, salah satunya adalah bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan lapisan krom di reflektor atau lebih parahnya bisa membuat reflektor itu sendiri meleleh karena tingginya suhu yang dihasilkan oleh pencahayaan yang terang dari lampu HID.

Disamping itu, penggunaan lampu HID yang tidak tepat juga bisa mengganggu pengendara mobil lainnya karena silaunya cahaya lampu HID hingga bisa mengganggu pandangan. Oleh karena itulah, pemasangan dan penggunaan lampu HID pada mobil harus secara benar dan tepat demi keamanan, baik pengendara mobil itu sendiri maupun pengendara lainnya di jalan. Lalu bagaimana cara pasang lampu HID pada mobil yang mudah dan benar serta penggunaannya secara tepat? Berikut tipsnya;

  • Pilihlah lampu HID yang sesuai spesifikasi dan jenisnya agar aman untuk digunakan. Disarankan menggunakan lampu HID model 4.3000 kelvin dengan warna pencahayaan kuning.
  • Dalam memasang lampu HID pada mobil, sebaiknya dengan arah lampu yang pencahayaannya menghadap agak ke bawah agar tidak mengganggu pengendara lainnya di jalan nantinya.
  • Dalam memasang lampu HID pada mobil sebaiknya memahami bagian pentingnya dari pemasangan lampu HID, yakni soket, kelistrikan, ballast dan lampu HID itu sendiri.
  • Bila sudah memahami, maka lakukan pengurutan kabel-kabel secara benar dan tepat sesuai penempatannya. Kabel warna merah dan hitam harus disematkan pada tempat yang benar sesuai dengan buku panduan yang ada serta arus DC dan AC pada mobil haruslah benar-benar diperhatikan. Bila memasang lampu HID dari aki atau accu langsung, kabel merah ditempatkan ke arus positif pada aki sedang warna hitam ke ground karena arus negatif.
  • Bila urutan kabel sudah benar, maka aturlah ballast sebagai alat penyimbang aliran listrik dari aki ke lampu HID. Pengaturan ini berguna sebagai pengaman agar tidak terjadi korslet secara tiba-tiba. Kalau terjadi korsleting akan mampu merusak ballast dan juga lebih parah bisa membuat lampu HID tidak menyala lagi. Maka dari itu, rawatlah sistem ballast dengan benar dan baik agar tetap aman bagi Anda sebagai pengendara.

Demikianlah tips cara pasang lampu HID pada mobil yang mudah dan benar serta penggunaannya secara tepat pada artikel kali ini.

0 Response to "Cara Pasang Lampu HID Pada Mobil Yang Mudah dan Benar"

Posting Komentar