Beginilah Cara Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

AC merupakan salah satu fitur mobil yang terpenting dalam sebuah mobil. Oleh karena itu, AC haruslah dirawat sebaik mungkin agar bisa digunakan sebagai penyejuk ruang mobil yang tahan lama. Biasanya cara mengukur tekanan freon AC mobil adalah langkah awal dalam mengisi freon AC pada mobil. Meskipun begitu, tak ada salahnnya bila kita mengetahuinya tekanan freon Ac pada mobil kita untuk berjaga-jaga saja. Adapun cara mengukur tekanan freon AC mobil, adalah sebagai berikut;


1.       Gunakan alat pengukur tekanan freon AC yang tepat

Alat untuk mengukur tekanan freon AC mobil biasanya disebut manifold gauge. Alat manifold gauge ini ada dalam berbagai merk dan harga. Sebaiknya anda memikirkan kualitas alat manifold gaugenya, ketimbang mikirin harganya demi kemudahan dan keamanan anda sendiri. Karena ada kualitas, pastinya juga ada harganya. Pada alat Manifold Gauge ini terdapat dua selang, yakni berwarna merah dan biru. Selang berwarna merah untuk mengukur tekanan tinggi, sedang selang yang berwarna biru untuk mengukur tekanan rendah. Dalam mengukur tekanan freon AC ini, anda sebaiknya mengetahui bagian-bagian dari alat Manifold Gauge-nya agar bisa memudahkan anda nantinya.

2.       Tutup kran manifold Gauge

Pastikan tutup kran manifold gauge, baik yang low (rendah) maupun high (tinggi) sebelum memasang alat manifold gauge ke AC mobil.

3.       Memasang bagian naple pada pipa AC mobil dengan benar

Setelah menutup kran, anda boleh memulai dengan memasang naple ke pipa AC mobil. Naple biru ke service valve pipa AC bertekanan rendah, sedang naple merah pada service valve pipa AC bertekanan tinggi. Bila sudah pas dan masuk, biasanya terdengar klik. Kemudian bukalah dengan memutar kancingan pada service valve pipa warna merah dan biru. Dan freon AC akan mengalir ke alat ukur dan terbaca tekanan melalui alat ukurnya.

4.       Pastikan tekanan terbaca oleh alat ukur manifold gauge

Bila tekanan freon AC sudah terbaca alat ukur secara pasti, dan menujukan  ukuran yang hampir sama karena AC belum dihidupkan. Bila AC normal akan terbaca 70 psi hingga 90 psi saat mesin mobil masih dingin.

5.       Hidupkan mesin mobil dan nyalakan AC

Di sini kita bisa mengetahui berapa tekanan freon AC mobil. Biasanya tekanan rendah menjadi menurun dan akan terbaca dalam ukuran 20 psi hingga 30 psi, sedang tekanan tinggi akan naik mencapai 170 psi hingga 250 psi.

Itulah cara-cara mengukur tekanan freon AC mobil yang bisa kami uraikan di sini. Semoga para driver dapat memantau kesiapan AC mobil setiap saat!

0 Response to "Beginilah Cara Mengukur Tekanan Freon AC Mobil"

Poskan Komentar