Tips dan Cara Menggunakan Dongkrak Mobil Yang Benar

Meskipun sudah banyak pengemudi mobil yang mengetahui tentang dongkrak dan cara kerjanya, tetapi banyak pula yang masih bingung atau tidak terbiasa dalam menggunakan dongkrak mobil. Padahal kita mengetahui bahwa pengetahuan tentang cara kerja dan menggunakan dongkrak mobil harus diketahui oleh para pengemudi mobil karena pengetahuan tersebut bisa sangat berguna di saat-saat tak terduga atau genting, terutama pada saat ban mobil kempes dan perlu diganti dengan ban serep di tengah perjalanan yang jauh. Nah, di sini kami akan memberikan sedikit pengetahuan tentang dongkrak, terutama cara menggunakan dongkrak mobil secara mudah dan cukup praktis.


Meskipun dongkrak mobil ada beberapa macam bentuk dan rupa, tetapi pada dasarnya tetap sama dalam cara kerjanya, yakni menggunakan prinsip hidrolik yang berdasarkan pada hukum pascal pada ilmu Fisika. Yang membedakannya hanya pada daya angkat beban dongkrak. Dongkrak hidrolik botol memiliki daya angkat beban yang lebih besar dan kuat dari dongkrak buaya, maka tak perlu heran bila harga dongkrak botol lebih mahal dari dongkrak buaya. Lalu bagaimana trik cara menggunakan kedua dongkrak yang mudah dan secara praktisnya? Tanpa basa-basi lagi, inilah triknya:

1.    Beri ganjalan pada bagian ban yang tidak diangkat.
Ganjal pada ban ini berguna agar mobil tidak bergerak atau bergeser saat di angkat atau untuk sekedar menjaga-jaga saja demi keamanan dan keselamatan diri.

2.    Tempatkan tumpuan alat dongkrak secara tepat
Pada umumnya mobil masa kini sudah terdapat titik tumpuan dongkraknya hingga hal ini sangat memudahkan kita dalam proses dongkrak mobil dalam penggantian ban mobil misalnya.

3.    Pastikan sekali lagi apakah posisi dongkrak, baik dongkrak botol atau buaya sudah benar-benar tepat berada di tengah sadel dongkrak.

Trik ini dilakukan untuk  memastikan dongkrak tidak akan mengalami slip saat diangkat agar keamanan diri lebih terjaga. Apabila sudah benar-benar yakin dan pasti barulah memulai proses pendongkrakan tersebut sampai pekerjaan reparasi selesai. Setelah selesai, barulah melakukan pemeriksaan pada area bawah mobil dengan teliti sebelum menurunkan kembali posisi mobil.

Itulah trik tentang cara menggunakan dongkrak mobil secara mudah dan praktis yang dapat kami berikan dalam artikel kali ini. Semoga memberi manfaat!

0 Response to "Tips dan Cara Menggunakan Dongkrak Mobil Yang Benar"

Poskan Komentar