Tips Cara Memperbaiki DVD Player Mobil Yang Aman

CD/DVD player merupakan salah satu peranti elektronik yang cukup rentan terhadap berbagai masalah kerusakan, terutama di bagian motor penggerak dan sensor-sensornya. Tak terkecuali CD/DVD player mobil yang masuk dalam salah satu peranti yang rentang dengan kerusakan, terlebih bila CD/DVD player mobil asal digunakan dan tidak terawat dengan baik. Bila Anda mendapati CD atau DVD player di dalam mobil tidak bisa menyala atau mengalami kerusakan, jangan langsung menggantinya dengan yang baru yang tentu saja akan membuat Anda kelaur uang banyak.


Ada baiknya memeriksanya dahulu penyebabnya lalu berusaha memperbakinya sendiri. Bila masih tidak mengetahui atau masih bingung tentang hal tersebut, berikut kami akan memberikan beberapa tips tentang cara memperbaiki DVD Player mobil yang aman di bawah ini;

1.       Mengecek satu persatu komponen piranti DVD player

Pada tahap awal ini Anda bisa mengecek satu persatu komponen DVD player mobil dengan menekan tombol power lalu bergerak tombol-tombol lainnya untuk pengecekan secara menyeluruh. Pengecekan di sini bertujuan untuk mencari tahu apa saja komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak. Untuk memudahkan Anda bisa mencopot dari peranti DVD player dari tempatnya lalu membongkarnya dengan hati-hati.

2.       Memeriksa penyebab kerusakan secara pasti

Bila sudah melakukan pengecekan menyeluruh, maka tentu akan ditemukan beberapa kemungkinan penyebab kerusakan peranti DVD player mobil Anda. Periksa benar-benar dan pastikan penyebab kerusakannya. Biasanya DVD player rusak kebanyakan pada bagian pemutar dan display serta bagian suaranya. Hal itu bisa terjadi karena keseringan mengalami getaran gerak mobil dan mesin, terkena air saat mencuci mobil, tegangan aki tidak stabil, dan campur tangan manusia yang memakai secara sembarangan.

3.       Mempersiapkan langkah memperbaiki yang memungkinkan

Bila sudah diketahui penyebab-penyebabnya, maka bisa memulai langkah perbaikan sendiri yang memungkinkan, yakni sebagai berikut;
  • Bila roller (tempat dvd keluar masuk) yang macet, termasuk motor penggerak dan optiknya yang rusak, biasanya karena sangat berdebu atau kotor. Maka bersihkan dengan lap bersih dan cd cleaner. Biasanya kalau sudah benar-benar dibersihkan maka bagian ini akan bisa berfungsi kembali.
  • Bila bagian display yang rusak,  maka berarti ada beberapa komponen pendukungnya yang harus diganti  karena sudah aus. Komponen pendukung display di sini, meliputi remote control(karena baterai habis), tombol switch, dan layar lcd.
  • Bila penyebabnya adalah masalah kelistrikan, maka rapikan dan benarkan posisi kabel-kabel serta periksa sumber tegangan accu dengan benar.
Itulah penjemasan tentang cara memperbaiki DVD Player mobil yang sederhana dan aman, semoga rider bisa mempraktekkan trik di artikel kali ini.

0 Response to "Tips Cara Memperbaiki DVD Player Mobil Yang Aman"

Poskan Komentar