Tips Cara Merawat Baterai Kering Sepeda Motor Yang Simpel

Kini accu atau baterai tipe kering (Maintenance Free Battery) telah digunakan oleh hampir semua kendaraan keluaran tahun 2000an, terutama sepeda motor tentunya. Karena baterai kering lebih kuat dan tahan lama serta cukup mudah dalam  perawatannya. Anda tentunya menginginkan sepeda motor terawat dengan baik, termasuk baterai keringnya agar mesin tetap gahar perfomanya. Nah, kami akan memberikan tips tentang cara merawat baterai kering sepeda motor yang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Berikut tipsnya ;


1.  Membersihkan baterai kering dan pengecekan secara berkala dan rutin

Segala peralatan jika dibersihkan secara berkala dan rutin, tentu saja akan membuat peralatan tersebut peralatan tersebut akan lebih tahan lama. Begitu juga dengan baterai kering sepeda motor ini. Dalam membersihkan baterai kering sepeda motor tentunya memiliki tekniknya agar tidak malah merusaknya. Berikut cara membersihkan sepeda motor yang tepat;
  • Bersihkan accu kering dari semua debu dan kotoran yang melekat padanya dengan menggunakan air hangat dan kain lap yang tidak kasar. Penggunaan air hangat ini membuat proses pembersihan ini lebih bersih dan cepat. Lalu keringkan dengan lap lembut dan kering.
  • Kemudian perhatikan dan cek seluruh bagian baterai terutama bagian katup lubang isi ulang baterai. Jika terdapat basah atau tetesan maka segera benarkan sampai rapat. Lakukan pembersihan dan pengecekan ini pada setiap seminggu sekali atau maksimal dua minggu sekali.    

2. Segera mengisi ulang air aki/zuur begitu ada tanda

Tentunya Anda sudah mengetahui tanda jika baterai kering pada sepeda motor Anda sudah habis atau perlu diisi ulang. Yah, bunyi starter terdengar tidak sangat menderu atau malah tidak menyala mesinnya. Untuk itu lakukan segera isi ulang dengan air aki atau zuur dengan menggunakan suntikan agar tidak luber dan tepat. Lakukan proses pengisian air zuur ini secara hati-hati dan benar. Jangan  sampai dalam menutup kembali katup lubang-lubang yang terdapat pada baterai kering tidak rapat. Karena kalau tidak rapat, bukan tidak mungkin akan membahayakan keselamatan Anda nantinya.     

3. Mencharge baterai kering secara tepat guna dan mengecek muatannya

Biasanya kegiatan mencharging baterai kering sepeda motor setelah melakukan isi ulang di atas. Caranya adalah menghubungkan baterai kering dengan sepeda motor yang sedang menyala lalu starter pelan selama beberapa menit saja. Dan terusllah menstarternya sampai muatan tegangan baterai kering sudah tercukupi dengan baik dan stabil.

Itulah cara meerawat baterai kering sepeda motor yang cepat dan mudah dipraktekkan dalam artikel ini. So, selamat melakukan perawatan sepeda motor kesayangan Anda, sahabat otokawan!

0 Response to "Tips Cara Merawat Baterai Kering Sepeda Motor Yang Simpel"

Poskan Komentar