Inilah Cara Pengisian Freon AC Mobil Yang Aman dan Praktis

Seperti yang telah kita ketahui bahwa salah satu fitur mobil yang terpenting adalah fitur AC. AC dalam mobil sangatlah berguna sebagai penyejuk ruang mobil hingga sopir dan penumpang bisa duduk dengan nyaman sepanjang perjalanan. Oleh karenanya, AC mobil perlu dirawat dengan rutin dan baik, termasuk dalam pengisian freon AC-nya. Lalu bagaimana cara mengisi freon AC yang mudah dan aman untuk bisa dilakukan sendiri? Di sini kami akan membeberkan caranya. Berikut cara pengisian freon AC mobil yang aman dan praktis;


1.    Melakukan pengecekan isi freon AC secara pasti
Sebelum kita ingin melakukan pengisian ulang freon pada AC mobil kita, sebaiknya kita melakukan pengecekan isi freon dahulu. Apakah freon masih tersisa atau benar-benar sudah kosong?. Bila masih tersisa, maka kita perlu mengosongkannya dengan cara menutup katup bagian manifold gauge kemudian kita hubungkan manifold itu dengan selang yang menuju nipel yang berwarna merah dengan tekanan tinggi, sedang selang yang satunya yang berwarna biru dengan tekanan rendah. Sementara selang warna hijau yang menuju pompa vacuum dengan tekanan rendah juga. Pastikan semuanya terpasang dengan benar.   

2.    Memastikan ukuran vacuum gauge freon AC
Bila sudah benar terpasang, maka kita buka salah satu katup manifoldnya lalu hidupkan pompa vacuumnya. Amati ukuran yang tertera  pada vacuum gaugenya. Bila angkanya sudah menunjukkan angka kurang lebih 600mmHg, maka sudah dipastikan bahwa freon sudah benar-benar kosong.     

3.    Membuka salah satu sisi katup manifold dalam memulai pengisian
Langkah berikutnya adalah melakukan isi freon dengan cara membuka salah satu sisi katup manifold gaugenya agar bisa bekerja pada kedua sisinya. Hal ini juga berguna agar vacuum gauge bisa bekerja lebih efisien.

4.    Memeriksa kembali sistem uap vacuum gauge
Step berikutnya adalah memeriksa kembali angka atau ukuran vacuum gaugenya untuk bisa memastikan lebih apakah sistem vacuum gauge sudah benar-benar bersih dari uap, udara dan air. Cara memastikannya yakni dengan melihat apakah ukuran sudah menunjukkan angka 750mmHg atau belum. Bila sudah angka tersebut sudah tercapai, maka dipastikan sistem telah bersih. Lalu biarkanlah pompa vacuum gauge tetap menyala selama sekitar 30 menitan. Setelah itu, ingatlah untuk segera menutup kedua katup manifold vacuum sebelum Anda mematikan pompa vacuum gaugenya. Kemudian diamkan dan amati selama 15 menit ukuran atau angka vacuumnya. Apabila angka menurun dari angka 750mmHg, maka berarti telah terjadi kebocoran pada sistemnya. Apabila ukuran tetap, maka pengisian freon AC mobil Anda berjalan sukses.

Itulah trik cara pengisian freon AC mobil yang aman dan praktis yang dapat kami uraikan di sini. Semoga artikel otomotif dari tim otokawan.com ini bermanfaat!

0 Response to "Inilah Cara Pengisian Freon AC Mobil Yang Aman dan Praktis"

Poskan Komentar