Cara Mudah Memasang Power Ampli Mobil Yang Simpel dan Aman

Adanya sistem audio pada mobil termasuk salah satu hiburan tersendiri bagi para pemilik mobil, terutama pengemudinya. Dengan sistem audio di mobil, berarti kita dapat mendengarkan musik favorit atau mp3, berita radio, murottal, ataupun lainnya yang bisa menghibur di sepanjang perjalanan. Selain menghibur, juga bisa sebagai penghilang rasa bosan dan kantuk yang mungkin bisa membahayakan saat membawa mobil.


Sistem audio tentu bisa menjadi kebutuhan yang sebaiknya dipasang dalam mobil sebagai penghilang rasa kantuk yang merupakan salah satu faktor penyebab terbanyak kecelakaan dalam berlalu lintas. Dalam memasang sistem audio secara keseluruhan pada mobil tentu harus meliputi dan memperhatikan peralatan pendukungnya yang antara lain; kabel, sumber listrik, power ampli/amplifier, speaker dan subwoofer. Dan kali ini kami akan lebih fokus membahas tentang cara memasang power ampli mobil yang baik dan mudah untuk dipraktekkan lalu dilanjut dengan memasang yang lainnya. Tanpa basa-basi lagi, langsung simak saja caranya di bawah ini:

1. Mempelajari skema rangkaian sistem audio pada mobil dahulu

Bagi orang yang telah mengetahui betul tentang skema umum rangkaian sound system atau sistem audio pada mobil tentu akan sangat mudah dalam memasang power ampli mobil. Biasanya skema tersebut, terdiri dari tiga terminal, yaitu REM, GND dan B+.  Disarankan terlebih dahulu membaca buku pedoman yang biasa suka ada dalam dus tiap pembelian peralatan power ampli atau sound system.

2. Pemasangan power ampli pada sumber listrik atau accu

Setelah mempelajari skema, terutama tiga terminal tersebut di atas, kemudian lakukan pemasangan ketiga terminal itu yang dimulai dari power ampli (+12V) dihubungkan pada sumber power positif sumber listrik (Accu/aki). Usahakan menggunakan sekering yang besar dan kabel yang pejal dalam penghubungan power ampli ke sumber aki ini. Lalu kabel-kabel lainnya diatur sedemikian rupa sampai dihubungkannya kabel ke tempat 3 terminal tersebut di atas, terutama terminal REM yang memiliki fungsi sebagai remote dari penyalaan power ampli yang sudah terhubung dengan tape/head unit.  

3. Menghubungkan power ampli pada speaker

Setelah itu, dilanjutkan dengan penghubungan power ampli ke speaker. Perhatikan penyambungan speaker kiri dan kanan yang tentunya beda kabel, yakni + dan -. Agar tahan lama sebaiknya disekrup dan solder bagian ujung yang terhubung tadi.

Demikianlah cara memasang power ampli mobil yang sederhana dalam artikel ini. Selamat mempraktekkan ilmu elektronika sederhana ini ya!

0 Response to "Cara Mudah Memasang Power Ampli Mobil Yang Simpel dan Aman"

Poskan Komentar