Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Sepeda Motor Yang Tepat dan Aman

Sekarang ini banyak kendaraan telah menggunakan accu tipe kering atau biasa yang disebut dengan MF Battery (Maintenance Free Battery), termasuk kendaraan sepeda motor. Accu tipe kering ini memang memiliki perfoma tinggi dan ketahanan yang lama serta bebas perawatan karena dibekali separator khusus dan grid tahan korosi serta tidak lagi memerlukan pengisian air accu atau zuur secara berkala. Tetapi suatu barang pasti akan mengalami masa aus setelah sekian lama dipake, tak terkecuali accu kering pada sepeda motor.


Lalu bagaimana cara memperbaiki accu kering sepeda motor yang aus atau rusak? Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memperbaiki accu kering sepeda motor :

1.    Mempersiapkan bahan dan perlengkapan
Sebelum memulai tahap memperbaiki accu kering sepeda motor, sebaiknya mempersiapkan dahulu bahan dan perlengkapannya, yang antara lain ; air accu atau zuur, obeng minus atau pencukit pembuka cover atau penutup lubang accu kering, alat suntikan (bisa dengan suntikan tinta printer atau suntikan jarum biasa) dan kain lap kering. .

2.    Membersihkan accu
Langkah berikutnya adalah membersihkan accu kering dari semua debu dan kotoran yang melekat padanya. Gunakan air hangat agar lebih mudah dan cepat dalam pembersihan ini.
3.    Membuka penutup bagian atas accu secara hati-hati
Setelah benar-benar telah bersih, bukalah bagian cover atau penutup bagian atas accu secara hati-hati dan perlahan dengan obeng minus atau pencukit agar accu tidak mengalami bocor nantinya.  

4.    Memasukkan air accu atau zuur ke lubang accu dengan menggunakan alat suntik
Setelah terbuka penutupnya, maka terlihat 3 tutup karet bulat untuk accu ukuran kecil dan bisa lebih banyak lagi pada accu kering sedang/besar dengan ampere yang besar. Bukalah dan masukkan air accu atau zuur ke dalam tiap lubang tersebut dengan menggunakan alat suntikan secara perlahan dan hati-hati serta jangan terlalu penuh dalam mengisinya.

5.    Menutup kembali lubang accu yang telah diisi zuur dengan rapat dan rapi
Setelah selesai diisi, maka lakukan penutupan kembali dengan rapat dan rapi kemudian laplah dengan kain lap bagian sekitar tutup lubang accu. Dan pastikan accu tidak mengalami kebocoran.

6.    Melakukan charger tegangan pada accu
Setelah accu kering sudah diisi dan tidak bocor, maka saatnya melakukan inti perbaikannya, yakni mencharger accu dengan tegangan. Hubungkan accu dengan sepeda motor yang sedang menyala lalu starter secara perlahan sebagai inject awal dan starter seterusnya sebagai penchargeran seperti biasa. Untuk proses awal pengecasan yang lebih cepat bisa juga  dilakukan dengan menggunakan trafo cas (charger transformator).

7.    Melakukan pengecekan muatan tegangan pada accu

Tahap berikutnya adalah melakukan pengecekan secara pasti apakah accu sudah memiliki muatan tegangan dengan cara terus menstarter sepeda motor yang terhubung dengan accu tersebut selama beberapa menit saja. Jika sudah, maka pasang kembali accu kering pada sepeda motor seperti semula lalu nyalakan mesin motor dengan menstarternya kembali lalu biarkan menyala selama 15 menit sampai tegangan accu sudah cukup stabil.

Itulah  cara memperbaiki accu kering sepeda motor yang tepat dan aman dalam artikel ini. Semoga berguna bagi pengunjung situs otomotif otokawan.com ini!

0 Response to "Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Sepeda Motor Yang Tepat dan Aman"

Poskan Komentar