5 Cara Merawat Cat Body Sepeda Motor Tanpa Banyak Keluar Biaya

Sepeda motor merupakan suatu barang yang membutuhkan perawatan tertentu agar tetap terjaga baik mesin maupun bodynya. Apalagi bila sepeda motor itu adalah kendaraan kesayangan yang sering digunakan dalam setiap perjalanan Anda. Namun terkadang orang suka merasa malas dalam merawat sepeda motornya, hanya berpikir untuk terus menunda dalam merawat atau berpikir tinggal dibawa ke bengkel saja jika terjadi apa-apa dan akhirnya akan mengeluarkan banyak pengeluaran dalam memperbaikinya atau merawatnya, terutama pada bagian bodynya yang sering diabaikan dalam proses perawatannya.


Penampilan body sepeda motor sangatlah juga penting sama halnya dengan mesinnya. Dan tentunya orang akan senang melihat sepeda motor yang bodynya selalu mulus, licin dan bersih. Nah, di sini kami akan mencoba memberikan beberapa tips jitu tentang cara merawat cat body sepeda motor tanpa banyak keluar biaya. Dan berikut tips jitunya:

1.    Menghindari parkir sepeda motor di bawah terik matahari langsung
Sinar matahari langsung bisa menyebabkan debu yang sudah menempel pada motor menjadi sulit untuk dilap atau dibersihkan dengan cepat, terlebih bila dibarengi dengan angin yang terus menerus. Bila hal ini dibiarkan saja, maka tak menutup kemungkinan cat body motor akan berubah kusam dan agak sulit dibersihkan secara cepat dan manual. Untuk menghindarinya, maka sebaiknya kita memarkir sepeda motor di dalam ruang atau bila terpaksa di luar ruangan, sebaiknya di tempat terbuka yang ada atapnya dan tentunya ditutupi dahulu dengan penutup atau mantel motor.  

2.    Menghindari mencuci sepeda motor dengan menggunakan sabun
Cat sepeda motor memiliki daya sensitif terhadap goresan dan sifat kasar dari suatu bahan. Maka dari itu, hindari penggunaan sabun colek atau deterjen yang ada butirannya dalam mencuci sepeda motor. Sabun colek maupun detergen dengan butiran mengandung zat kimia yang bersifat kasar hingga bisa menggores permukaan cat body sepeda motor. Untuk mencuci, sebaiknya gunakanlan shampo khusus sepeda motor dan gunakan spon halus atau lap chamois dalam mengeringkannya.

3.    Menjauhkan atau menghindari sepeda motor dari air hujan dan air laut
Tingkat keasaman air hujan diketahui dapat merusak warna cat kendaraan, terutama sepeda motor. Begitu juga dengan air laut yang mengandung garam tinggi yang bisa membuat body dan mesin menjadi mudah berkarat. Maka dari itu, usahakan hindari air hujan dan air laut saat menggunakan sepeda motor. Bila sudah terkena, maka segeralah mencucinya dengan air bersih.  

4.    Hindari pemakaian terlalu banyak bahan kimia pada sepeda motor
Terkadang kita memang berlebihan dalam mempercantik barang kesayangan, tak terkecuali motor kesayangan. Kadang berlebihan dalam menggunakan pengkilap body sepeda motor dengan cairan pengkilap berbagai merk. Perlu diketahui, bahwa sebenarnya pengkilapan dengan cairan berbagai merk dan sering itu bisa merusak cat dasar body sepeda motor. Oleh sebab itu, hindari penggunaan yang berlebihan atau sering penggunaan bahan kimia pada sepeda motor.  

5.    Rutin ke shop atau bengkel perawatan sepeda motor untuk perawatan menyeluruh
Ini adalah tips terakhir yang bisa dilakukan setiap minimal sebulan sekali untuk mempertahankan kondisi body dan mesin sepeda motor secara menyeluruh. Anda juga bisa melakukan polishing di sini agar warna cat body sepeda motor menjadi lebih hidup dan enak dipandang.

Itulah 5 tips jitu tentang cara merawat cat body sepeda motor tanpa banyak keluar uang. Semoga bermanfaat bagi riders supaya body tunggangan selalu kinclong!

0 Response to "5 Cara Merawat Cat Body Sepeda Motor Tanpa Banyak Keluar Biaya"

Poskan Komentar