Yuk Belajar Cara Kerja Dongkrak Pada Mobil dan Tips Merawatnya

Bila bagian bawah mobil ada yang mengalami gangguan atau kerusakan seperti ban bocor misalnya, maka untuk membantu proses perbaikannya memerlukan suatu alat yang disebut dengan dongkrak. Jadi fungsi dongkrak pada mobil adalah untuk menaikkan posisi kendaraan agar mempermudah kita dalam mereparasi bagian bawah mobil.

Sebelum kita membahas cara kerja dongkrak pada mobil, ada baiknya kami memberi informasi bahwa  terdapat dua jenis dongkrak mobil, yakni Crocodille jack (dongkrak buaya) dan Bottle jack (dongkrak botol). Kedua jenis dongkrak tetap memiliki cara kerja yang sama, hanya saja berbeda bentuk dan sisi kepraktisan dalam membawanya.


Dongkrak buaya berdesain layaknya buaya yang sedang menguap dan mudah dibawa kemana-mana serta banyak digunakan oleh bengkel. Sedangkan dongkrak botol seperti bentuk botol pada umumnya dan bisa diletakkan langsung pada bagian mobil, terutama di sisi dekat ban hingga bila ingin reparasi tak perlu lagi repot memasangnya. Sekarang kita masuk dalam pembahasan cara kerja dongkrak pada mobil. Beginilah cara kerjanya;
  1. Usahakan memberi ganjalan pada ban yang tidak diangkat. Maksudnya bila ingin mengangkat atau mendongkrak bagian depan mobil, maka berilah ganjalan di sekitar ban belakang. Begitupun sebaliknya.
  2. Kemudian barulah kita alat dongkrak kita letakkan secara tepat di tempat yang telah ditentukan.
  3. Sebelum mulai mendongkrak, pastikanlah sekali lagi apakah posisi pengangkatan (dongkrak) sudah tepat berada di tengah sadel dongkrak. Karena kalau tidak tepat, maka dongkrak akan mengalami slip sewaktu proses pengangkatan. Tentu hal itu akan membahayakan keselamatan sang reparasinya.
  4. Lakukan pemeriksaan di sekitar area bawah mobil secara teliti sebelum mengangkat atau menurunkan mobil demi keselamatan dan kenyamanan sang reparasi dan mobil tentunya. 
Dan sekarang kita akan membahas cara merawat dongkrak, yakni sebagai berikut;

1.    Jaga kebersihan alat dongkrak
Sebaiknya dongkrak di jaga kebersihannya agar bisa digunakan dalam waktu jangka panjang. Periksa  selalu sebelum menggunakannya, apakah terjadi kebocoran cairan atau tidak. Berilah cairan hidrolik secukupnya bila diperlukan dan kita juga bisa menetesi roda troli dongkrak dengan oli agar tidak macet saat digunakan. 

2.    Usahakan alat dongkrak tidak digunakan menahan beban  terlalu lama
Dalam hal ini, kita bisa gunakan jack stand sebagai pengganti dongkrak selama proses reparasi baru kita pakai dongkrak lagi untuk menaikkan dan menurunkan mobil.

3.    Menyimpan dongkrak di lokasi yang aman
Menyimpan alat dongkrak juga harus diperhatikan agar alat itu sendiri dapat aman dan mudah dicari jika sedang dibutuhkan serta tidak disalahgunakan, terutama oleh anak-anak.

4.    Pelajari dahulu buku panduan penggunaan dongkrak sebelum menggunakannya
Demi perawatan alat dongkrak, ikuti petunjuk cara penggunaan dongkrak pada buku pedomannya.

Demikianlah cara kerja dongkrak pada mobil serta perawatannya. Selalu pastikan kondisi dongkrak mobil terjaga, agar dapat menjadi penolong saat ban bocor di tengah jalanan. Semoga artikel dongkrak mobil dari otokawan ini bermanfaat ya!

0 Response to "Yuk Belajar Cara Kerja Dongkrak Pada Mobil dan Tips Merawatnya"

Poskan Komentar