Begini Cara Yang Tepat Dalam Memperbaiki Rem Cakram Sepeda Motor Yang Macet

Dalam dunia otomotif, kata rem sangatlah penting karena rem itu sendiri adalah satu satu bagian penting yang memiliki fungsi yang sangat vital bagi setiap kendaraan, terutama kendaraan bermotor. Ya, rem memiliki fungsi memperlambat laju bahkan bisa menghentikan laju kendaraan.

Laju motor bisa dikontrol juga melalu rem atau lebih dikenal dengan nama rem cakram ini, hingga tingkat kecepatan motor bisa terjaga dengan baik. Lalu bagaimana jika rem cakram sepeda motor menjadi macet? Tidak perlu bingun sobat otokawan, mari kita ikuti tips perbaikan rem cakram sepeda motor ini.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Sepeda Motor

Sebaiknya, jangan dulu dibawa ke bengkel untuk memperbaiki atau menggantinya, guys! Karena masalah tersebut mungkin bisa diatasi sendiri dengan mudah asalkan menggunakan cara yang tepat dalam memperbaikinya. Tanpa banyak kata lagi, inilah cara memperbaiki rem cakram sepeda motor yang macet:


1.    Siapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu
Disaat ingin memperbaiki sesuatu barang, tentu kita mempersiapkan dahulu bahan dan alatnya, termasuk juga dalam memperbaiki rem cakram sepeda motor yang macet ini. Beberapa bahan dan alat yang harus dipersiapkan tersebut adalah kunci ring,  sikat, kompresor, mangkok kecil, kompon, dan oli rem.

2.    Langkah-langkah perbaikan
Setelah alat dan bahan dipersiapkan, kita bisa segera memulai langkah perbaikan rem cakram yang macet tersebut. Dan berikut langkah-langkahnya;
  • Agar mempermudah proses perbaikan, posisikanlah sepeda motor ke standar utama tengah kemudian lepaskan baut as roda bagian depan dengan menggunakan kunci ring yang sesuai dan perlahan saja agar tidak merusak bautnya sampai roda depan bisa dilepaskan dengan mudah.
  • Setelah itu tariklah kaliper rem agar terlepas dari dudukan yang menempel bagian shock beker. Setelah kaliper terlepas dari selang rem, oli di dalamnya akan keluar dan tampunglah dalam mangkok kecil. Dalam langkah ini, sebaiknya dilakukan secara hati-hati karena oli rem bisa merusak cat sepeda motor dan membuat iritasi tangan.
  • Kemudian keluarkan piston dari kaliper dengan cara menariknya. Anda bisa menggunakan kompresor bila piston itu sulit untuk dikeluarkan dengan cara meniupnya lewat lubang oli rem lalu mendorongnya keluar.
  • Piston yang berhasil dikeluarkan tersebut, bersihkanlah dengan sikat dan kompon. Namun bila ada goresan yang dalam pada piston, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang piston baru agar masalah kebocoran oli rem terhindarkan nantinya. Selain piston, bersihkan juga bagian silinder sampai bersih dengan kompon.
  • Setelah semua sudah bersih, pasang kembali piston ke kaliper kemudian hubungkan dengan selang rem lalu pada bagian master silindernya diisi dengan oli rem kemudian tekanlah berulang-ulang tuas remnya agar bebas udara.
  • Setelah itu, pasanglah kembali rangkaian sistem remnya seperti semula dan benar dan kuat, termasuk pemasangan roda depannya.
  • Setelah beres, segera ujicoba dahulu untuk memastikan perbaikan rem tersebut berhasil.
Begitulah cara memperbaiki rem cakram sepeda motor yang macet yang bisa kami uraikan di sini. Sukses selalu, guys!-igreen-

0 Response to "Begini Cara Yang Tepat Dalam Memperbaiki Rem Cakram Sepeda Motor Yang Macet"

Poskan Komentar