Cara Pasang Kunci Rahasia pada Motor

Sebagai pemilik sepeda motor, kita tentu selalu menginginkan agar motor kita terkunci dengan aman agar tidak mudah dicuri. Karenanya saat ini, ada beberapa cara pasang kunci rahasia di motor Anda. Tentu dengan semakin maraknya kasus pencurian dan pembegalan motor kita selalu merasa was-was akan keamanan motor kita.

Memasang kunci rahasia di motor kita sebenarnya bisa menjadi salah satu solusi. Sebab para pencuri atau maling motor terbiasa melakukan modusnya pada motor yang dikunci secara biasa. Sayangnya sedikit dari kita yang tahu trik pemasangan kunci rahasia ini.

Tips Memasang Kunci Rahasia Pada Motor

Karena saat ini jika kita hanya mengandalkan keamanan dari kunci standar atau kunci gembok, hal itu sangat rentan karena maling atau pencuri sudah memiliki berbagai cara untuk menjebolnya. Kunci rahasia ini sendiri sebenarnya hanya mengandalkan beberapa bagian kelistrikan pada sepeda motor.

Seperti yang kita ketahui, sistem kelistrikan merupakan suatu sistem vital pada semua kendaraan. Pemasangannya pun tidak terlalu rumit dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Di bawah ini saya sharing cara pasang kunci rahasia pada motor yang mudah:

1. Menyiapkan peralatan
Peralatan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut: Solder dan timah minimal 1 meter, gergaji dan bor PCB, gunting kabel, isolatip kabel, tang potong,

2. Menyiapkan komponen
Gambar relay untuk otomatisasi listrik, kredit gambar: es.wikipedia.org
Komponen yang perlu disiapkan adalah: 1 buah relay 12 V 5 kaki, 2 buah transistor tipe 9012, PCB ukuran 2,5cm x 3,5 cm, dan kabel 4 warna dengan panjang minimal 1 meter.

3. Memasang komponen
Anda kemudian pelu merangkai relay dan transistor pada papan PCB yang telah digergaji dan dibor seusai dengan kaki-kaki komponen. Untuk relay maka kaki no. 1 disambungkan pada 12 Volt (+) yang diambil dari kontak. Relay no, 2 dihubungkan pada kaki no. 4 yang akan bertindak sebagai output (-). Sementara relay kaki no.3 dihubungkan pada input (-) dari aki motor. Kemudian jadikan kaki tengah transistor no.1 sebagai sensor sentuh.

4. Menyetel komponen
Jika Anda memiliki motor bebek atau kopling, Anda bisa menyetel kunci rahasia saklar pada indikator gigi transmisi 1, 2, 3, atau 4. Sebagai contoh jika Anda pilih nomor 3 maka apabila pengendara masuk pada gigi transmisi netral atau gigi 1, 2, dan 4 maka motor tidak bisa distarter atau dinyalakan. Hal itu terjadi karena kabel negatif CDI belum tersambung.

5. Cara menyalakan
Cara menyalakan motor yang sudah disetel kunci rahasia pada gigi transmisi adalah dengan cara menyalakan kontak pada posisi on dan kemudian masukan gigi transmisi ke gigi 3.

Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memasang kunci rahasia pada motor Anda. Lakukanlah cara-cara itu agar motor Anda selalu aman dari para pencuri. Semoga dapat bermanfaat dan Anda bisa memraktekkannya di rumah.

0 Response to "Cara Pasang Kunci Rahasia pada Motor"

Poskan Komentar