Beginilah Cara Merakit Sepeda Motor Bahan Bakar Gas Yang Aman


Meroketnya harga BBM selama beberapa tahun terakhir ini mendorong beberapa pihak melakukan inovasi. Salah satu inovasi tersebut adalah merakit atau memodifikasi sepeda motor berbahan bakar BBM menjadi berbahan bakar gas elpiji. Ya, gas elpiji sekarang ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif yang murah buat kendaraan sepeda motor. Dan tentu saja, pengubahan atau modifikasi tersebut memerlukan upaya yang cukup serius agar bisa terjamin keamanannya.


Saat merakit sepeda motor berbahan bakar gas elpiji membutuhkan kefokusan atau keseriusan dalam prosesnya agar tidak terjadi kebocoran saat digunakan. Bagaimanakah cara merakit sepeda motor bahan bakar gas yang aman dan tidak begitu ribet? Kami akan memberikan caranya berikut ini;

1.    Menggunakan membran yang kuat dan tidak bocor
Karena gas elpiji memiliki berat jenis yang lebih ringan dari bensin atau BBM maka dalam merakit atau mengubahnya agar bisa teralirkan diperlukan sebuah membran. Membran di sini terbuat dari tabung besi yang nantinya akan berfungsi penampung stok gas elpiji sebelum gas tersebut masuk ke ruang pembakaran melalui karburator. Jadi pastikanlah membran yang digunakan tebuat dari tabung besi yang berdiameter 8cm dan panjang 4cm serta melapisi ujung atas bawah membran dengan lapisan karet. Untuk menghindari kebocoran, pastikan juga menyediakan katup penyaluran dan memakaikan pelat besi tipis pada kedua ujung membran yang telah dilapisi karet sebelumnya.

2.    Memodifikasi Karburator
Karena gas elpiji ingin dijadikan bahan bakar sepeda motor, maka perlu dilakukan modifikasi terhadap bagian karburatornya. Karena fungsi pelampung tergantikan oleh membran, maka tanggalkanlah pelampung yang ada di dalam mangkuk karburator sepeda  motor. 

3.    Memastikan katup penyalur gas bisa tahan terhadap tekanan gas
Setelah langkah 2 selesai, maka lakukan pemastian terhadap katup yang sudah ditempel di dalam membran (lihat cara nomor 1) tersebut  mampu menahan tekanan gas dalam tabung gas elpiji yang mencapai 12 bar.

Penggunaan gas elpiji sebagai bahan bakar alternatif sepeda motor terbukti cukup efisien hematnya karena untuk satu kilogram gas elpiji saja sepeda motor mampu menempuh jarak sekitar 100 sampai 200 km, berbeda dengan bensin satu liter yang hanya bisa menempuh jarak 60 km saja. Cukup hemat kan, bro? So, selamat mencoba merakit motor bbg (bahan bakar gas), selamat berinovasi bro hehe.
-in- 

0 Response to "Beginilah Cara Merakit Sepeda Motor Bahan Bakar Gas Yang Aman"

Poskan Komentar