Tata Cara Pasang Cakram Belakang Motor Matic

Rem adalah komponen yang sangat penting dalam sepeda motor. Rem bertugas untuk membuat laju motor terhenti. Karenanya, rem adalah komponen yang sangat bergantung dengan keamanan sang pengendara motor. Jika rem blong atau tidak pakam, maka sang pengendara akan mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, rem merupakan komponen yang harus sering kita cek, apakah masih sempurna atau tidak. Saat ini jenis rem sendiri ada dua, yakni rem tromol dan rem cakram. Akan tetapi, rem cakram dianggap lebih aman dan karenanya lebih banyak digunakan. Cara pasang rem cakram pada motor matic pun cukup mudah.


Motor matic memang perlu menggunakan rem cakram. Motor matic yang hanya memiliki gas dan dua rem depan otomatis menjadikan rem komponen yang teramat penting. Laju motor matic yang tidak bisa diatur selayaknya motor gigi atau kopling pun membuat rem cakram adalah pilihan yang pas. Hal ini dikarenakan rem cakram lebih akurat dan lebih cepat untuk menghentikan laju motor, apalagi jika motor dalam keadaan cepat.

Cara Memasang Cakram Belakang Pada Motor Matic


Oleh karenanya, memasang rem cakram pada motor matic Anda adalah langkah yang sangat tepat. Apalagi, Anda juga bisa memasangnya sendiri karena memang cara pemasangannya tidak cukup sulit. Berikut ini tujuh langkah memasang rem cakram pada motor matic:

1. Lepas Knalpot
Knalpot perlu dilepas agar posisi master dan arm bisa sesuai dan menyatu.

2. Buat dudukan cakram
Anda bisa membuat dudukan cakram (swing arm) di tukang bubut, lalu buat juga dudukan ulir tempat cakram akan berada.

3. Bor rem tromol
Rem tromol di bor agar bisa mengikat adaptor cakram di tromol dan juga untuk menambah baut/mur.

4. Memasang adaptor
Adaptor tromol dipasang dan kemudian memasang cakram. Biasanya proses ini menggunakan kunci L-5.

5. Memasang braket kaliper rem
Pasanglah kaliper berikut slang rem yang dikaitkan dengan 2 buah baut/mur.

6. Rakit tuas rem
Tuas rem cakram harus dirakit di bagian kiri stang. Proses ini juga sekalian memasang slang rem.

7. Masukan oli rem
Jalur rem dimasukan ke dalam dek dan diikat dengan cable ties. Kemudian masukan oli rem ke master rem.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda praktekkan dalam memasang rem cakram pada motor matic. Bila mengalami kendala dalam pemasangan dapat Anda share di kolom komentar, dan semoga admin otokawan.com dapat segera membantu masalah pemasangan rem cakram pembaca.

0 Response to "Tata Cara Pasang Cakram Belakang Motor Matic"

Poskan Komentar