Tahapan dan Cara Mengetahui Aki Motor Rusak

Aki adalah komponen yang sangat penting dalam sepeda motor Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jika aki motor Anda mengalami kerusakan. Aki memang begitu vital dalam motor karena aki merupakan sumber pengoprasian kendaraan selayaknya batrai. Karenanya aki motor tentu harus dirawat dan diperhatikan dengan baik. Jika sudah rusak, maka Anda sendiri yang akan mengalami kerugian.

Karena jika aki motor Anda sudah mulai rusak, maka motor Anda akan bisa mengalami mogok dan tak bisa distarter. Selain itu beberapa komponen seperti klakson, speedometer, dan lampu pun menjadi mati. Pastilah Anda tidak ingin hal-hal tersebut menimpa Anda, apalagi jika kondisinya Anda sedang dalam perjalanan. Oleh karenanya, aki sebaiknya kerap Anda cek karena ternyata aki yang akan rusak sudah bisa dideteksi. Berikut lima cara mengetahui aki motor rusak yang sistematik:

1. Menyalakan motor dengan starter
Jika aki motor Anda masih bagus, maka motor Anda pun sangat mudah jika dinyalakan dengan starter. Sebaliknya, jika aki Anda sudah mulai rusak atau soak, maka tandanya adalah ketika motor Anda cukup sulit dihidupkan dengan menggunakan starter.

2. Membunyikan klakson
Jika Anda merasa klakson motor Anda masih dalam kondisi bagus tetapi bunyinya semakin berkurang atau malah mati secara tiba-tiba. Maka kemungkinan aki motor Anda sudah rusak atau soak.

3. Mengecek lampu spidometer
Ketika Anda menyalakan motor Anda, maka lihatlah lampu spidometer Anda dan lampu panah kiri-kanan sebagai penunjuk sen. Jika kedua lampu tersebut sudah redup atau mati, maka kemungkinan besar aki motor Anda sudah rusak.

4. Lampu motor mati tiba-tiba
Jika Anda merasa lampu motor Anda masih bagus atau baru tetapi sudah mati secara tiba-tiba. Kemungkinan juga bisa karena aki Anda akan atau bahkan sudah rusak dan soak.

5. Mengecek dengan voltmeter
Cara mengukur aki dengan avometer, kredit gambar youtube.com

Mengecek aki motor Anda bisa dilakukan dengan menggunakan voltmeter. Lakukan pengecekan pada arus DC di angka 50 volt. Nyalakan mesin dan hubungkan jarum merah multitester diarahkan ke kepala aki positif kemudian jarum hitam ditempelkan pada kepala aki negatif. Maka jarum jam aki normal berkisar antara 12,4-13,8-14,4 volt.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui aki motor rusak. Semoga bermanfaat dan membuat ANda para pengguna sepeda motor semakin baik merawat kendaraan Anda.

0 Response to "Tahapan dan Cara Mengetahui Aki Motor Rusak"

Poskan Komentar