Step by Step: Cara Mengecas Baterai Kering Motor

Salah satu masalah jika Anda memiliki motor adalah habisnya baterai kering motor Anda. Baterai atau aki kering adalah komponen penting dalam sepeda motor. Ada 3 cara mengecas baterai kering motor yang sangat simpel, sehingga dapat berguna kembali. Karena jika baterai atau aki motor Anda habis, maka motor Anda pun tidak bisa distarter untuk menyalakannya. Komponen lain seperti klakson dan lampu pun terkadang ikut juga mati.

Tentu, kita tidak ingin motor kita mati tiba-tiba atau tidak bisa distarter. Apalagi jika dalam kondisi sedang dalam perjalanan. Tentu ditambah dengan matinya komponen lain, akan sangat merugikan kita. Jika sudah begini, sebaiknya rutin periksa dan cas baterai kering motor. Karena jika habis, Anda tidak harus menggantinya dengan yang baru karena yang lama pun masih dapat dicas.

Apalagi, kondisi aki baru saat ini sangat mahal harganya. Jauh sekali dengan biaya jika Anda hanya mengecas aki motor. Toh dengan dicas beberapa jam, kondisi aki Anda sudah kembali bisa dipakai walau kondisinya mungkin sudah tidak seratus persen lagi.


Berikut tiga cara mengecas baterai atau aki kering motor:

1. Membawanya ke bengkel
Tentu cara yang paling mudah dan praktis untuk mengecas aki atau baterai kering motor anda adalah dengan membawanya ke bengkel. Di bengkel-bengkel pasti sudah tersedia alat untuk mengecas aki kering motor. Perlu waktu satu sampai dua jam untuk membuat aki kering terisi penuh dan dapat kembali digunakan.

2. Mengganti cairan elektrolit
Salah satu penyebab habis atau soaknya baterai kering motor Anda adalah karena keringnya cairan elektrolit yang terdapat di dalam aki tersebut. Keringnya cairan elektrolit itu sendiri akibat umur aki yang sudah cukup lama. Untuk mengganti cairan elektrolit ini dilakukan sendiri di rumah, dengan tentu membuka terlebih dahulu aki tersebut dan membersihkannya.

3. Menjumper aki
Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengecas baterai atau aki kering motor Anda adalah dengan menjumper aki yang soak dengan menghubungkannya ke motor atau mobil yang menyala. Hal ini tentu dilakukan dengan sebelumnya menambah air aki (zuur) ke dalam aki yang soak dan kemudian menjumpernya dengan menggunakan kabel.

Itulah cara-cara untuk mengecas baterai atau aki kering yang terdapat di motor. Semoga tips dari otokawan ini dapat menambah referensi Anda seputar cara mengecas jika baterai atau aki kering motor sudah habis.

0 Response to "Step by Step: Cara Mengecas Baterai Kering Motor"

Poskan Komentar