Langkah-langkah Menyetel Karburator Sepeda Motor Biar Irit

Setiap pemilik sepeda motor pasti selalu ingin agar motornya irit bensin. Salah satu cara untuk membuat motor Anda irit adalah dengan menyetel karburatornya. Menyetel karburator motor biar irit bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Karburator memang menjadi komponen yang sangat penting dalam motor. Karena karburator memiliki tugas mencampurkan bahan bakar mesin dan udara, agar tercampur dengan baik dan rata sehingga bisa disemprotkan ke dalam ruang pembakaran dan pembakaran motor Anda pun berlangsung sempurna.

Karenanya karburator memang adalah komponen yang penting untuk bisa membuat motor Anda lebih irit. Untuk menyetel karburator sendiri bisa dilakukan dalam dua kondisi, yakni ketika kondisi mesin dingin atau kondisi mesin panas. Dua kondisi menyetel karburator tersebut memang memiliki kelebihannya masing-masing. Jika kondisi mesin dingin, hal ini biasanya dilakukan agar motor juga tidak mengeluarkan suara mbrebet di pagi hari. Jika dalam kondisi panas ini akan membuat kondisi mesin menjadi prima di berbagai kondisi. Tetapi yang jelas kedua kondisi akan membuat motor Anda menjadi lebih irit.


Di bawah langkah-langkah menyetel karburator motor pada kondisi mesin panas dan mesin dingin:

1. Kondisi mesin dingin
Kondisi mesin dingin biasanya dilakukan di pagi hari dengan putaran RPM rendah agar kelak motor tidak akan mberebet. Hal itu pun menyebabkan motor gampang distarter atau dinyalakan. Cara-caranya sebagai berikut:
  • Nyalakan motor dan putar setelan stasioner hingga ke putaran mesin yang dirasa mbrebet.
  • Putar setelan angin karburator ke kanan hingga mesin terasa mau mati.
  • Lalu putar ke kiri hingga suara mesin tinggi dan tidak mbrebet.
  • Setelah itu turunkan putaran stationer pada putaran mesin yang Anda inginkan.

2. Kondisi mesin panas
Kondisi mesin panas biasanya dilakukan dengan dua setelan yakni basah atau panas. Jika basah maka setelan akan berada pada saat kondisi mesin terkencang. Sedangkan jika setelan basah, maka pada saat mesin turun dan naiknya RPM setelah angin sebelumnya. Tetapi keduanya memiliki fungsi agar mesin motor selalu siap dan sempurna dalam kondisi apapun. Berikut langkah kerjanya:
  • Dengarkan suara mesin yang baik seiring putaran setelan angin dengan arah berlawanan jarum jam.
  • Pada saat suara terus meninggi maka akan tiba dimana suara mesin akan kembali menurun.
  • Pada saat itu kita bisa menyetel karburatornya.

Itulah langkah-langkah untuk menyetel karburator sepeda motor biar irit. Tetap rawat motor kesayangan ya sahabat otokawan.com!

0 Response to "Langkah-langkah Menyetel Karburator Sepeda Motor Biar Irit"

Poskan Komentar