Langkah-Langkah Cara Mengetatkan Rantai Motor

Rantai yang kendur tentu membuat sepeda motor Anda tidak nyaman dan aman untuk dikendarai. Sebenarnya ada beberapa cara mengetatkan rantai sepeda motor yang kendur. Rantai motor merupakan salah satu komponen yang penting, oleh karena itu Anda perlu selalu mengeceknya. Sebenarnya, Anda bisa mengetahui jika rantai motor Anda sudah kendur. Pertama, rantai motor anda akan menimbulkan bunyi berisik. Kemudian, motor Anda juga tidak enak untuk dikendarai.

Apalagi, untuk Anda dengan motor gigi atau kopling. Kendurnya rantai bisa membuat perpindahan gigi motor Anda terasa berat dan tidak nyaman. Selain itu, rantai motor yang kendur juga bisa menyebabkan kecepatan dan akselerasi motor Anda berkurang. Tentu, hal-hal merugikan seperti itu tidak Anda inginkan terjadi dan menimpa motor Anda. Oleh karenanya, rajin-rajinlah mengecek kondisi rantai motor Anda setiap kali servis dan jika sudah kendur, mintalah mekanik untuk mengetatkannya. Kendurnya rantai bisa saja membuat bagian motor lain jadi terganggu, bahkan rusak semisal roda gigi roda bagian belakang yang harga barunya cukup mahal, atau kerusakan mesin motor karena laju dan perputaran roda tidak normal.


Tetapi, Anda sebenarnya juga bisa mengetatkan rantai motor Anda sendiri dan caranya pun tidaklah sulit.
Berikut langkah-langkah cara mengetatkan rantai motor:

1. Siapkan kunci pas semua ukuran dan kendurkanlah mur di poros bagian belakang motor memakai kunci pas tersebut. Dalam proses ini yang perlu diperhatikan adalah agar Anda menahan kepala mur pada poros depan agar mur pada poros itu tidak ikut berputar.

2. Kendurkan mur pada batang rem tromol agar rem tidak mengunci pada saat rantai diketatkan. Jika motor Anda menggunakan rem cakram, Anda tidak perlu melakukannya.

3. Kencangkan mur pada bagian lengan ayun belakang yang terhubung dengan poros untuk mengetatkan rantai. Letak dan bentuk pengencang setiap jenis motor akan berbeda.

4. Pastikan Anda mengetatkan rantai dengan baik. Pengetatan bisa dilakukan dengan memutar roda belakang dan lihatlah apa semua bagian telah diketatkan dengan baik. Pastikan juga tidak ada bagian rantai yang terlalu kencang.

5. Setelah rantai diketatkan dengan baik, pasang kembali mur poros roda dan pastikan terpasang kencang. Kemudian, pasang kembali mur pada batang penghubung rem tromol dan atur injakan batang rem bagian belakang.

Itulah langkah-langkah untuk mengencangkan rantai sepeda motor Anda. Semoga bermanfaat bagi sahabat otokawan.com dan selamat mempraktikkannya di rumah.

0 Response to "Langkah-Langkah Cara Mengetatkan Rantai Motor"

Poskan Komentar