Kenali Empat Cara Mengatasi Busi Motor Basah

Salah satu hal buruk dalam kondisi motor Anda adalah ketika busi basah. Ada beberapa cara untuk mengatasi busi motor basah. Busi motor yang basah tentu akan membuat performa motor tidak sempurna. Hal itu disebabkan oleh kondisi terbaik busi yang seharusnya kering sehingga bisa memercikkan api listrik dalam proses pembakaran. Tentu jika busi dalam kondisi basah, maka motor sulit dinyalakan atau bahkan bisa mogok, bahkan terkadang asap knalpot hitam malah yang keluar.


Ada beberapa penyebab busi motor Anda basah. Diantaranya adalah oli yang bocor, karburator yang kotor, atau kondisi mesin yang rusak. Oleh karena itu, usahakan merawat motor yang benar dan selalu memperhatikan busi motor Anda. Tentu Anda pasti tidak ingin jika tiba-tiba motor Anda tidak bisa dinyalakan atau mogok.

Berikut empat cara untuk mengatasi kondisi busi basah pada motor:

1. Membersihkan mesin
Mesin yang kotor karena jarang dibersihkan sangat berpengaruh pada kondisi busi Anda. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan mesin motor Anda ke bengkel agar tidak timbul masalah. Dan jangan lupa untuk selalu servis motor Anda dengan rutin.

2. Cek ring piston atau silinder
Ketika ring piston dan silinder motor Anda rusak, maka oli akan bocor dan masuk kedalam ruang pembakaran. Sehingga, busi pun menjadi basah dan kotor di penuhi oli. Oleh karena itu, usahakan rutin untuk mengecek dua komponen tersebut pada saat Anda servis motor. Jika telah rusak, segeralah menggantinya.

3. Jangan isi bensin di sembarang tempat
Jika bensin yang Anda pakai kotor dan tidak jernih ketika dimasukkan ke dalam penampung bensin, hal itu menyebabkan busi menjadi ikut kotot juga. Bisa jadi bensin tadi telah dicampur dengan minyak atau oli. Oleh karena itu, usahakan membeli bensin di tempat pengisian yang telah disediakan.

4. Membersihkan karburator
Sama seperti mesin, karburator yang jarang dibersihkan sehingga menjadi kotor bisa menyebabkan busi motor Anda basah. Oleh sebab itu, jika sudah merasa karburator motor Anda kotor, sebaiknya segeralah dibersihkan.

Itulah cara-cara untuk mengatasi busi motor basah dari tim otokawan.com. Semoga bermanfaat dan rawatlah selalu kendaraan Anda.

0 Response to "Kenali Empat Cara Mengatasi Busi Motor Basah"

Poskan Komentar