Inilah 4 Cara Mengetahui Kerusakan pada Mesin Motor

Mesin adalah komponen utama pada sepeda motor. Oleh karena itu sangatlah berbahaya jika mesin motor kita mengalami kerusakan. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengetahui kerusakan pada mesin motor. Tentu, kita sebagai pengendara pastilah menyadari performa motor kita sedang baik atau tidak. Mesin adalah komponen utama dalam performa tersebut, oleh karenanya kita juga pasti bisa merasakan jika mesin motor kita sedang dalam performa buruk.


Sebagai pengendara kita juga pasti was-was jika mesin motor kita mengalami kerusakan. Motor kita bisa tidak bisa digunakan jika mesin sudah rusak. Oleh karena itu, kita sebaiknya mencegah dan sering mengecek kondisi motor mesin kita. Juga, kita tidak lupa menyervis motor kita agar kondisi mesin tetap terjaga. Karena komponen dalam mesin juga sangat banyak dan rumit, jika telah rusak akan butuh waktu dan biaya yang banyak untuk memperbaikinya. Di bawah ini ada empat cara untuk mengetahui ciri-ciri mesin motor yang rusak:

1. Menganalisa getaran
Getaran pada motor yang berlebihan atau tidak normal lagi adalah salah satu ciri mesin motor sedang dalam masalah. Adanya getaran yang berlebihan biasanya ada saat motor berjalan cukup kenyang atau setelah mengerem. Oleh karena itu, Anda harus bisa merasakan getaran motor Anda apakah masih normal atau tidak.

2. Menganalisa suara
Suara motor yang brebek atau menghasilkan bunti tek tek tek adalah salah satu ciri mesin bermasalah atau rusak. Hal itu biasanya karena komponen pada mesin seperti laker kruk as atau laker bandul sudah mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

3. Menganalisa asap motor
Salah satu cara mendeteksi mesin motor rusak adalah dengan melihat warna asap yang dikeluarkan motor Anda. Jika sudah berwarna hitam, Anda perlu waspada mesin motor Anda mengalami kerusakan karena proses pembakaran sudah tidak sempurna. Oleh karena itu Anda perlu rajin untuk mengeceknya.

4. Motor tersendat atau sering mati
Jika motor Anda kerap tersendat-sendat atau sering mati mendadak, ini juga adalah ciri mesin motor Anda mengalami masalah. Walau tidak secara keseluruhan, tetapi ada baiknya Anda segera mengecek komponen-komponen di dalamnya dan segeralah mengganti jika memang sudah tidak layak.

Itulah beberapa cara mengetahui kerusakan pada mesin motor. Semoga berguna untuk Anda para pemilik motor, agar senantiasa bisa merawat motor dengan bijaksana.

0 Response to "Inilah 4 Cara Mengetahui Kerusakan pada Mesin Motor"

Poskan Komentar