Cara Bikin Knalpot Motor Sendiri Untuk Semua Merek

Satu hal penting untuk dipelajari bikers adalah cara bikin knalpot motor sendiri untuk semua mereka, karena tidak dibayangkan bila motor tidak dilengkapi dengan knalpot, karena suara mesin akan terdengar seperti tembakan senjata api atau ledakan bom he.. he. Belum lagi hawa panas mesin akan membayakan mesin itu sendiri dan pengendara krena memang fungsi knalpot adalah untuk meredam dentuman pembakaran mesin dan sekaligus menjadi pendingin.

Penting memang untuk mengetahui cara membuat knalpot motor semua merek sehingga bikers bisa berkreasi menurut keinginan da kebutuhan karena tahu akan proses proses pembuatan yang lengkap dan jelas. Anda bisa membuat knalpot semua varian sepeda motor dengan merek terkenal semisal Honda beat, Yamaha Jupiter MX, Suzuki Satria FU, atau merek yang tersohor lainnya yaitu, Yoshimura, Ninja, R9, CLD, AHRS, Racing, Vespa dan seterusnya.

Cara Membuat Knalpot Motor Sendiri


Kita awali pembahasan cara membuat peredam knalpot motor sendiri ini denga memahami rumus pembuatan knalpot, persiapan, tahapan praktis pembuatan, sampai dengan cara memasang dan setting knalpot yang pada motor kesayangan sobat.

Teori Atau Rumus Cara Bikin Knalpot Motor Sendiri

Inilah cara membuat knalpot sepeda motor untuk merek R9, CLD dan Ninja, yaitu :

Teori yang harus dihapal dan diketahui =

L = 850 x ET / (Max RPM 3)

L = Panjang Pipa Knalpot yang akan dibuat

ET = Exhaust Timing, waktu terbukanya klep buang pra TMB

MAX RPM = Putaran mesin untuk mendapat tenaga maksimal

Contoh soal, apabila mesin sepeda motor timing exhaust pada 70° sebelum TMB dan rpm maksimal 8000, cara menghitung panjang knalpot yaitu :

L = (850 x 70)/(8000/3)

L = 22.31 inches atau 586,7 mm

Sedangkan untuk teori perhitungan lebar pipa knalpot =

D = sqrt (CC/((L + 3)x25))x 2.1

D = Diameter pipa knalpot yang dibuat

CC = Kapasitas silindernya,

L = panjang knalpot yang sudah dihitung




Sekarang kita masuk langkah praktis cara bikin knalpot motor semua merek, yaitu

1. Anda ukut knalpot dimulai sambungan pipa di mesin kepala menujut kaki pasak kemudian ke arah belakang. Gambar sketsa sebagai patokan dalam membuat knalpot sepeda motor.

2. Anda membuat template dengan ukuran penuh knalpot pada karton dan lebih baik tripleks. Gunakan spidol supaya ukuran sesuai. Template gambar harus dibuat untuk beberapa pandangan atau sisi supaya mudah pengerjaan selanjutnya.

3. Anda siapkan tabung pembuangan yang sudah dibeli dengan panjang yang pas. Pakai pita fleksibel dalam pengukurannya. Supaya lebih aman maka lebihkan sekitar 5 cm lebih panjang guna jaga-jaga ada kekurangan ke depan.

4. Gambar menggunakan spidool untuk semua tikungan. Anda lebihkan sekitar 2 cm untuk bagian pipa kepala knalpot supaya tabung nanti bisa dimasukkan.

5. Anda memanaskan pipa supaya mudah dibengkokkan mengkuti tanda tikungan yang dibuat tadi. Sesudah lekukan dibuat maka tinggal melanjutkan cara memasang knalpot motor agar sesuai dengan posisinya.

6. Selanjutnya Anda memasang berbagai komponen di dalam knalpot untuk semua merek yaitu : kepala silinder knalpot, exhaust manifold atau exhaust header, catalytic converter, knalpot motor, muffler atau peredam suara, dan terakhir Turbocharger.

1 Response to "Cara Bikin Knalpot Motor Sendiri Untuk Semua Merek"

  1. Seperti yg telah diketahui bahwa untuk knalpot merupakan saluran untuk pembuangan gas buang Bagi pengguna MOTOR INJEKSI kebanyakan mengklaim bahwa untuk perawatan motor injeksi lebih mudah Cara Jitu Meredam Knalpot Racing Motor

    BalasHapus