Cara Service Radiator Motor Vixion, CBR 150 R dan Satria FU

Akan menjadi pengalaman pahit jika Anda mengendarai sepeda motor untuk tujuan penting (kantor, kuliah dan lainnya) dan mendadak lampu indikator menyala yang menjadi tanda bahwa mesin terlalu panas atau overhating, maka penting memahami cara service radiator motor Vixion, CBR150R, Vario, Suzuki Satria Fu, yamaha Jupiter MX, dan merek lain supaya tidak terlambat. Sobat otomotif tentu tahu apabila mesin overting harus ditunggu dingin dahulu dan bila mesin overheating terus digeber maka menjadi rusak.

Raditor sekarang menjadi sistem pendingin untuk beberapa model motor mulai dari bebek, matic, racing hingga trail. Oleh sebab itu sangat berharga bila sahabat tahu cara memperbaiki radiator sepeda motor sehingga dapat mengerjakan proses perbaikan dan perawatan mandiri sehingga lebih hemat dan dapat memastikan kondisi radiator tetap prima.

Cara Service Radiator Motor Vixion C150R Satria FU


Cara Service Radiator Motor Yang Bocor

Bikers tidak perlu panik saat motor mengalami overheat, segera lakukan cara memperbaiki motor dengan cek keadaan air radiator motor. Jika ditemukan air radiator sangat sedikit atau berkurang banyak maka segera tambahkan air radiator. Dan Anda dapat menyimpulkan radiator bocor jika air radiator baru diisi. Pada umumnya ciri radiator yang bocor sangat susah dilihat semisal kisi-kisi radiator terjadi kebocoran halus atau disebut corlus.

Penyebab lain radiator bocor adalah batu kecil atau krikil yang menabrak kisi-kisi ketika Anda mengendarai sepeda motor dalam kecepatan tinggi, kerikil tajam juga dapat merusak jalur air radiator yang lainnya. Penyebab radiator rusak selanjutnya adalah terjadi karatan atau korosi pada jalur air.

Cara service radiator motor bocor yang mudah ialah dengan memakai lem besi untuk menutup corlus sehingga Anda tidak perlu susah payah mencopot atau menurunkan semua bagian radiator dari sepeda motor. Merek lem besi untuk menutup kebocoran radiator yang disukai para tukang service motor ialah Dextone.



Tips memperbaiki radiator bocor dengan lem besi sangat praktis lho sobat ! Kawan cukup menunggu radiator dingin kemudian isi dengan air bersih (air mineral kemasan), selanjutnya cek dengan teliti pada kisi-kisi radiator apabila ditemukan kebocoran di satu titik maka terlihat rembesan air. Segera lem besi titik bocor tadi. Anda bisa menghemat banyak uang dengan service sendiri karena tarif tambal radiator bocor bekisar Rp.95.000 – Rp.175.000.

Apabila sobat otomotif mendapati situasi genting saat motor overheating karena kebocoran maka bisa memakai radiator sealer semisal merek Tunap Micrologic Premium 142, STP Radiator Sealer ataupun Prestone Cooling System Super Sealer. Cara memperbaiki radiator motor bocor kecil dengan sealer sangat mudah yakni tinggal memasukkan ke dalam radiator yang sudah terisi air (sekitar 100 ml) sehingga terjadi pencampuran, dan cairan kimia otomatis menutupi lubang kecil (dengan kedalaman 1 mm) yang menjadi sebab radiator bocor. Sealer radiator merek Tunap Micrologic Premium 142 isi 300 ml dijual di bengkel motor pada kisaran harga Rp75.000 sampai Rp.100.000.

0 Response to "Cara Service Radiator Motor Vixion, CBR 150 R dan Satria FU"

Poskan Komentar