Cara Mudah Baca Umur Ban Sepeda Motor

Pengetahuan otomotif cara mudah baca umur ban motor harus diketahui sedini mungkin supaya Anda bisa mengganti ban tepat pada waktunya, dan manfaatnya yaitu lebih aman dan selamat ketika berkendara sepeda motor dan juga hemat anggaran pergantian bagian-bagian motor.

Kami merasa ngeri ketika melihat orang berkendara sepeda motor dengan ban yang sudah seharusnya diganti. Sering kari terjadi kecelakaan di lalu-lintas karena ketika mengerem maka roda tidak mau berhenti sehingga apa pun di depannya ditabrak. Ketika diteliti rem keadaan sangat ban sedangkan usia ban sudah kadaluarsa atau sudah lewat masa penggunaannya.

Cara Baca Umur Ban Sepeda Motor


Marilah Pelajari Cara Baca Umur Ban Motor
Bikers tentu tahu bahwa rentang hidup atau usia ban sepeda motor bisa sangat bervariasi, ada yang kurang dari 2 tahun dan ada yang lebih dari 2 tahun. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa usia ban sudah berakhir dan harus diganti yaitu pertama tapak ban sudah botak atau tidak ada gerigi sama sekali, kedua yakni ban sudah rusak (retak, lubang besar ataupun sobek), ketiga adalah ban sudah sangat tua dan telah menjadi keras ketika ditunggangi.

Alasan pertama semua orang sudah mengetahui dan ini merupakan kebutuhan dalam mengganti ban yang sudah botak atau mulus karena pengendara akan merasa meluncur atau mengapung di atas air di aspalan jalan raya, dan hal sangat berbahaya bagi keselamatan.

Alasan kedua adalah juga sama dengan di atas yakni sangat berbahaya atau beresiko ketika bikers mengendarai sepeda motor dengan ban yang sudah rusak, apaka itu retak, lubang ataupun sobek. Kita ketahui bahwa ban mendapatkan tekanan yang lebih berat dibandingkan semua bagian dari sepeda motor. Jikalau ban sudah retak maka tidak butuh waktu lama bak akan sobek besar.

Ban yang retak dengan tekanan udara yang tinggi maka semakin resiko terjadi ban meletus atau meledak. Mengetahui retak pada ban ialah cara membaca umur ban motor yang kami anggap paling mudah seperti melihat retak pada tembok rumah, benar tidak ?



Alasan ketiga adalah karet ban sudah terasa keras. Kita pahami umur ban motor yang semakin tua maka semakin keras karetnya. Ban yang melebihi usia 5 tahun maka harus segera diganti. Banyak orang menganggap bahwa permukaan ban masih bagus dan tidak ada retak menandakan ban masih aman digunakan meskipun dalam rentang yang lama.

Namun faktor kekerasan ban itu langsung berhubungan dengan daya cengkram ban. Jika karet sudah keras maka daya cengkram ban semakin lemah sehingga membahayakan keamanan dalam berkendara dan terutama pada waktu hujan atau aspalan jalan basah.

Itulah cara baca mur ban motor yang mudah dan gampang dilakukan yang kami harap Anda mengganti ban ketika menemukan 3 tanda di atas, dan jangan lupa bila usia ban sepeda motor sudah lebih lima tahun maka segera gantu untuk mendapatkan perjalanan yang aman.

0 Response to "Cara Mudah Baca Umur Ban Sepeda Motor"

Poskan Komentar