Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Yang Bocor

Keras dan tidak nyaman apabila shockbreaker motor bagian depan dan belakang mengalami rusak atau bocor, oleh karena itu penting untuk mempraktikkan cara memperbaiki shockbreaker motor yang bocor supaya bekerja sesuai dengan fungsi utamanya yakni memperkecil kejutan ketika kendaraan melambat atau saat melewati jalan bergelombang dan berbatu.

Bagi masyarakat perkotaan, shockbreaker sepeda motor sangat diperlukan. Meskipun jalan rata tetapi terkadang ada lubang ataupun polisi tidur yang berjumbah cukup banyak ketika memasuki daerah perumahan. Shockbreaker bisa dibilang sebagai pelindung berbagai bagian dan komponen di atasnya karena akan meredam hentakan. Apabila sepeda motor sering terkena benturan atau hentakan maka bisa cepat rusak. Sebelum kami jelaskan cara memperbaiki shock belakang sepeda motor yuk pelajari cara kerjanya !

Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Yang Bocor

Cara Kerja Dan Penyebab Shock Breaker Sepeda Motor Bocor atau Rusak

Perlu dipahami bahwa salah satu komponen penting dari shockbreaker motor adalah tabung yang berisi oli. Anda bisa menemukan sebuah katup di dalam tabung dengan tugas utama mengontrol aliran oli. Akan terjadi gerak ayun yang melambat pada sepeda motor akibat aliran oli tabung shock breaker diperlambat oleh katup ini. Lubang katup dalam shock belakang sepeda motor cukup kecil atau sempit. Apabila kapasitas oli di dalam tabung berkurang atau sedikit mengakibatkan shock breaker tidak bekerja optimal dalam meredam hentakan atau kejutan.

Anda bisa mengetahui shockbreaker sudah bocor, rusak atau tidak bagus lagi dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Ditemukan rembesan oli yang membasahi tabung shockbreaker yang menjadi tandi shock bocor, cara memperbaiki yakni dengan mengganti as shock dan juga mengisi kembali oli dalam tabung shockbreaker sesuai dengan aturan.

2. Saat dikendarai maka terasa seakan-akan motor otomatis oleng ke samping, entak ke kanan atau kiri. Sedangkan ketika dilihat kemudi masih bagus maka penyebab adalah shock breaker telah rusak.

3. Mengendari motor tidak nyaman karena terasa sangat keras ketika melewati jalan yang berbatu atau bergelombang.

4. Sudah saatnya oli dalam shockbreaker depan dan belakang sepeda motor diganti karena batas maksimum pergantiannya adalah 15.000 kilometer.

Kebocoran oli pada tabung shockbreaker motor bisa terjadi karena siln sudah sobek, as shock breaker telah aus. Cara merawat shockbreaker adalah dengan sering membersihkannya apabila bikers rutin mengendari motor pada jalan berdebu dan berpasir.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Sepeda Motor Yang Bocor

Sahabat blog otomotif www.otokawan.com siapkan terlebih dahulu peralatan dan spare part yang akan dibutuhkan dalam cara service shockbreaker motor yaitu :

1. Kunci pas, ring, shock dengan ukurang 17 milimeter, 14 milimeter dan 8 milimeter

2. Obeng plus dan min

3. Kunci L6 mm

4. Kunci bintang ukuran T40

5. Oil Seal berukuran 26x37x10,5

6. Oli shockbreaker (beberapa merk yang bisa dibeli showa, jumbo dsb) atau oli SAE 10



Tahapan cara memperbaiki shockbreaker sepeda motor yaitu :

1. Anda lepaskan roda berikut dengan rumah piston rem dan spakbor dengan tujuan mempermudah perbaikan. Anda lepas baut 14mm sehingga shockbreaker belakang motor dua sisi bisa dilepaskan. Sedangkan untuk membongkar shock cukup dengan menekan bagian atas penutup shock dan kemudian congkel ring pengunci, mudah kan ?

2. Lepas per di tabung dan segera tuang keluar oli tabung shockbreaker. Supaya oli keluar semua maka Anda mengocoknya berkali-kali.

3. Lepaskan tabung shock breker bagian dalam, dengan kunci L 6 milimeter Anda lepas baut L pada bawah tabung shock luar. Saat tabung shock bagian dalam lepas maka Anda ambil rebound spring dan damper rodnya. Periksa untuk menentukan masih bagus apa tidak ? Karena jika ditemukan goresan atau rusak sedikit maka diganti.

4. Teruskan cara memperbaiki shockbreaker sepeda motor dengan memeriksa apabila seal oli bocor segera Anda ganti, tanda seal oli mengalami kebocoran adalah bagian pipa shock dalam terlihat mengkilap karena ada basahan oli.

5. Bikers memasang seal oli yang baru dibeli, kerjakan hati-hati dan jaga kondisi tetap rata alias tidak miring.

6. Selanjutnya memasang seal oli lalu dan letakkan bearing roda bekas dan Anda ketok dengan palu plastik supaya seal bisa masuk dengan rata. Pasanglah ring pengunci dan seal debu, dilanjutnya pemasangan tabung shock dalam dan rebound spring serta dampernya. Putar baut pengikat L6mm dengan supaya tertutup dengan rapat.

7. Anda mengisi oli pada shockbreaker menggunakan oli khusus yang dijelaskan di atas, setiap tabung kira-kira 64 mililiter.

8. Pasang per dengan teknik posisi ulir renggang bagian bawah dan ulir rapat bagian atasnya.

9. Akhiri cara memperbaiki shockbreaker belakang motor yang bocor dengan memasang tutup shockbreaker atas serta ring pengunci, supaya pengerjaan lebih cepat dan mudah sebaiknya dipasang kedua shockbreaker motor dan Anda kencangkan baut pengunci. Dan lanjutkan dengan menutup shock dibarengi dengan menekan memakai obeng sekaligus dipasang pengunci sampai terdengar bunyi clik.

3 Responses to "Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Yang Bocor"

  1. Dimana saya bisa dapatkan seal oli shock belakang?? Butuh distributor

    BalasHapus
  2. Gan shock motor saya aneh, masih bagus sih tapi keras bgt... Mohon pencerahanya.

    BalasHapus