Cara Memperbaiki Dinamo Starter Sepeda Motor

Cara memperbaiki dinamo starter sepeda motor perlu diketahui oleh pemilik kendaraan yang diproduksi pada tahun pada tahun 1980-an sampai sekarang tahun 2016. Semua merek sepeda motor masih menggunakan dinamo starter untuk menyalakan mesin secara otomatis dengan tombol tanpa menginjak pedal sehingga terasa lebih mudah dan tanpa ada keringat.

Banyak sekali sepeda motor yang menggunakan dinamo starter dan beberapa di antaranya yaitu : Honda CBR 150cc, Supra X 125 cc, Matic Beat, Pulsar 180 cc, yamaha matic Mio 150cc, Vespa lx 150, Suzuki Satria Fu Injeksi, Thunder 250 cc, Kawasaki ninja 250 cc dan lainnya.



Sepeda motor mulai dari 100cc-250cc masih menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia karena dianggap memenuhi keinginan dan harapan konsumen baik dari segi harga, penggunaan bahan bakar mesin, gaya, model, keamanan sampai dengan prestise. Nah tips memperbaiki dinamo starter motor menjadi pengetahuan penting untuk perawatan bagian penting kendaraan bermotor ini.

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Sepeda Motor

Bagian utama dari automatic starter pada motor kadang disebut sebagai dinamo atau generator yang biasanya terletak pada ujung poros engkol atau crankshaft, anda bisa menemukan dinamo ini pada beberapa tempat berbeda tergantung pada merek sepeda motor namun tidak jauh dari poros engkol.

Cara kerja dinamo starter sepeda motor adalah mengunakan sumber listrik accu atau baterai 12 volt, apabila sobat menekan tombol maka akan terjadi putaran pada dinamo yang memutar poros engkol yang menggerakkan piston dalam silinder yang sudah terisi kabut BBM dan udara sehingga terjadi pembakaran dan mesin dapat menyala.



Tips memperbaik dinamo starter sepeda motor sebagai berikut,

1. Periksa fisik dinamo starter apakah terjadi kerusakan pada bodynya semisal karat, kerak atau yang lainnya. Bersihkan dengan menyikat sehingga terlihat bersih.

2. Anda memeriksa semua koneksi kabel ke dan dari dinamo starter terhubung dengan baik, lihatlah pada sambungan kabel apakah putus, solder timah yang lepas, korosi dan lainnya.

3. Dinamo starter atau generator mempunyai komponen berupa kumparan kabel tembaga di dalamnya untuk starting mesin, kumparan kabel pada umumnya dirangkai seri ataupun paralel. Periksa apakah kumparan terjadi korsleting ataukah kawat internal yang rusak atau terbakar sehingga tidak terjadi arus listrik.

4. jika sepeda motor Anda diproduksi di bawah tahun 2000-an maka cek pengaturan tegangan di regulator karena pada masa itu belum ada elektronik solid state. Periksa apakah ada bagian usang atau gosong.

Sekian cara memperbaiki dinamo starter sepeda motor yang bisa kawan otomotif jadikan panduan dalam perbaikan dan perawatan bagian yang penting ini.

0 Response to "Cara Memperbaiki Dinamo Starter Sepeda Motor"

Poskan Komentar