Cara Bikin Booster Lampu Motor Rangkaian Sederhana

Semua orang tahu bahwa lampu mempunyai tugas penting dalam memberikan keselamatan berkendara terutama pada waktu malam hari atau saat turun hujan deras. Share kali ini membahas cara bikin booster lampu motor dengan rangkaian sederhana yang bisa dikerjakan dengan tangan sendiri.

Benar jika banyak sahabat otomotif yang menggati lampu motor yang tidak terang dengan lampu HID, namun lampu HID tergolong mahal buat kita yang masih sekolah atau kuliah benarkan bro ? sebenarnya ada rangkaian sederhana booster lampu sepeda motor yang bisa ditiru dan asyiknya komponen-komponen elektronik yang dibutuhkan tergolong murah meriah.

Cara Membuat Booster Lampu Motor Rangkaian Sederhana


Langkah-Langkah Cara Bikin Booster Lampu Motor Rangkaian Sederhana

Khusus ulasan ini adalah cara membuat booster lampu motor dengan skema rangkaian yang mudah dipahami, karena kami anggap skema arus AC cukup mudah untuk dipahami dan dipratekkan. Dan kemungkinan salah praktik rangkaian simple bosster ini cukup kecil.

Sobat blog otomotif harus mempersiapkan peralatan dan komponen elektronik sebagai berikut :

1. Solder dan timah

2. Fitting lampu

3. kabel pejal 2 meter

4. 3 Buah dioda 6 ampere.

5. 1 Buah dioda 1 ampere.

6. Isolasi listrik bisa merek nachi atau unibel

Kita lanjutkan cara membuat bosster lampu sepeda motor dengan langkah-langkah merangkai yaitu :

1. Siapkan 3 dioda 6 ampere untuk dirangkai secara paralel yang bisa sobat lihat di gambar di atas, ingat ya kode lingkaran putih adalah untuk arus positif (jangan terbalik ya !), selanjutnya Anda menyambung kutub positif ke kontak dan kutub negatif ke kabel minus komponen fiting.

2. Kemudian potong kabel minus menuju fiting dan Anda menyambungkannya dengan negatif di rangkaian dioda itu, kemudian dioda 1 ampere. Anda sambung kutub positif ke bagian fiting lampu jauh, hal ini bertujuan supaya sensor lampu jauh motor dapat dimatikan, sehingga bikers dapat menggunakan lampu jauh ataupun lampu dekat.

3. Anda sambungkan bagian kutub lain ke saklar eksternal yang telah dipasang sebelumnya sehingga kita bisa menghidupkan dan mematikan pemakaian booster.

Nah itulah ulasan cara bikin booster lampu motor rangkaian sederhana yang bisa segera dikerjakan sendiri di rumah, sekarang masih musim hujan sehingga tips kali ini cukup bermanfaat bagi sahabat otomotif.

3 Responses to "Cara Bikin Booster Lampu Motor Rangkaian Sederhana"