Cara Merawat Motor Agar Tidak Turun Mesin

Kita cukup lama bergelut dengan sepeda motor sebagai kendaraan bermotor favorit namun sering juga kita sedih karena sepeda motor cepat rusak, sehingga sangat penting bagi riders untuk mengetahui cara merawat motor agar tidak turun mesin sehingga awet dan dapat lari kencang meskipun umurnya sudah menua.

Tidak dipungkiri sepeda motor yang kebanyakan rusak itu sudah turun mesin sehingga kendaraan beroda dua ini sangat boros, sering mogok dan permasalahan lainnya. Walaupun sepeda motor sekarang dijual dengan berbagai merek dan varian tetap saja bagi kebanyakan rakyat Indonesia itu terbilang mahal, semisal sepeda motor matic yang berkisar 15 juta sampai dengan 18 juta rupiah.

Cara Merawat Motor Agar Tidak Turun Mesin


Maka hal terbaik bagi riders adalah menerapkan cara agar motor tidak turun mesin supaya dana tidak tekor untuk membeli motor baru lagi pada saat ekonomi negeri ini mengalami penurunan. Meskipun teknologi mesin motor sudah mengalami riset dan pengembangan (R & D) sehingga lebih irit dan bertenaga tetapi tetap saja apabila bikers tidak merawat dengan baik maka bisa saja cepat rusak.

Cara Merawat Mesin Motor Supaya Tidak Turun Mesin

Sekarang biaya turun mesin motor honda, yamaha dan suzuki sangat mahal lho bisa lebih dari Rp.250 ribu, supaya Anda tidak rugi maka sobat otokawan.com ikuti saja tips sebagai berikut,

1. Sepeda Motor Yang Baru Dibeli

Kita senang dapat membeli sepeda motor baru sehingga menjadi lupa hal penting berupa perawatan mesin supaya lebih awet, benar adanya pihak dealer memberikan perawatan atau servis berkala secara percuma bahkan gratis penggantian oli.

Kami sarankan supaya Anda mengganti oli pada kilometer ke 500, penggantian oli kedua kali pada kilometer 1000 dan penggantian oli ketiga pada kilometer 2000.

Kenapa mengganti oli harus dalam jarak tempuh yang sedikit untuk motor baru ? hal itu itu memastikan bahwa mesin lebih prima karena di awal pemakaian berbagai komponen atau bagian mesin masih melakukan penyesuaian gesekan-gesekan, dan juga ada banyak serpihan logam yang dipicu gesekan komponen-komponen dalam mesin.

2. Tidak Memberikan Muatan Berat Pada Motor Dan Tidak Menggeber Mesin

Cara agar motor tidak turun mesin selanjutnya kami sarankan pada motor baru tidak diberi beban berat semisal berkendara goncengan 2 atau bahkan lebih, jangan menggeber motor untuk mencapai kecepatan maksimal, lebih baik gas motor ditarik pelan-pelan untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.



3. Merawat Knalpot

Jika motor baru Anda itu bermesin 4 langkah maka disarankan untuk menuangkan oli dalam jumlah sedikit pada knalpot, tujuannya supaya knalpot orisinil pabrikan lebih tahan lama dan tidak mudah kropos.

4. Cara Mengganti Oli Motor Agar Awet

Sahabat harus memperhatikan betul standard kekentalan oli sewaktu penggantian oli kendaraan roda Anda, biasanya disebut sebagai SAE. Kabar baik, pabrikan oli di Indonesia telah memproduksi oli sesuai dengan SAE, sehingga sobat hanya perlu mengganti oli tepat waktu yaitu pada 2.500 kilometer sampai dengan 3.500 kilometer.

5. Secara Berkala Tune Up Atau Servis Ringan Motor

Kawan otomotif harus tune up atau servis ringan sepeda motor secara berkala supaya segera mengetahui dan mengganti komponen mesin yang mengalami kerusakan atau sekedar aus ringan. Cara tune up motor di bengkel juga membersihkan kotoran dan debu yang bisa mengendap dengan akibat memperburuk kinerja mesin motor.

6. Cuci Sepeda motor Dengan Rajin

Cara merawat motor agar tidak turun mesin yang terakhir adalah dengan mencuci dan membersihkan sepeda motor dengan rajin, apalagi pada saat musim jujan. Motor yang kotor dalam waktu lama akan memunculkan karat dan membuat beberapa bagian menjadi keropos. Dan bisa jadi motor yang sangat kotor akan berimbas pada mesin yang rusak.

1 Response to "Cara Merawat Motor Agar Tidak Turun Mesin"

  1. padahal caranya sederhana tapi ngaruh banget

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/tipe-g-dari-toyota-all-new-kijang-jadi-favorit-konsumen/

    BalasHapus