Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret

Cara memperbaiki rem cakram motor seret termasuk salah satu pemeliharaan sepeda motor dan sesuatu hal yang diseriusi oleh para bikers karena kita menginginkan semua fungsi sepeda motor dapat berjalan dengan baik sehingga setiap kali kita melakukan perjalanan merasakan keamanan dan kenyamanan.

Rem cakram memainkan peranan penting bagi keselamatan berkendara ketika perjalanan pada jalan raya, dan apalagi Anda sedang melewati jalan yang berbahaya semisal jalan perbukitan atau gunung, jalan rusak dan lainnya.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret

Tidak sedikit kecelakaan terjadi karena pengendara malas dalam mengerjakan cara servis rem cakram motor baik bagian depan dan belakang, karena jika rem cakram seret maka kekhawatiran setiap pengendara muncul benar tidak ?

Masalah kerusakan yang sering terjadi pada rem cakram adalah diawali oleh rotor piringan dan pad rem piringan (bantalan) yang terkontaminasi oleh kotoran, debu atau air garam. Maka untuk mengatasi kerusakan rem cakram yang seret atau berat maka Anda harus periksa satu per satu komponennya.

Langkah-Langkah Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret

1. Pertama sahabat blog tips cara motor lakukan langkah merawat rem cakram yang benar dengan menjauhkan kontaminan utama yakni pelumas mesin atau sabun cuci. Kami sarankan Anda jangan menggunakan minyak pelumas di dekat rem cakram karena setetes minyak pelumas yang mengenai rotor akan secara drastis dapat mengurangi daya cengkram rem.

2. Ketika sobat mencuci sepeda motor dengan air sabun amaka segera lakukan langkah pengeringan pada daerah rem cakram motor untuk menghapus air sabun dan sabun yang bisa saja masuk ke kaliper rem.



3. Apabila rotor rem cakram Anda sudah terkontaminasi maka bisa menggunakan isopropil alkohol untuk menghapusnya dengan mudah dan cepat. Namun jika bantalan atau pad rem piringan yang terkontaminasi dan keadaannya sudah parah maka cara terbaik adalah mengganti dengan yang baru.

4. Penyebab terakhir dari rem cakram motor yang seret adalah terjadi getaran. Bisa jadi pad rem piringan, rotor dan komponen lainnya mengalami kelonggaran atau kerusakan. Dan apabila getaran pada saat pengereman sudah sangat terasa parah maka bisa mengganti komponen yang rusak apabila tidak bisa lagi servis.

5. Sobat otomotif periksa keadaan kampas rem, apabila cengkraman atau jepitan pada terlalu sempit dan terasa berat maka setting ulang, bisa jadi kampas rem cakram masih baru dan tebal.

6. Segera periksa pinggiran piston, apabila keadaannya kering maka membuat piston tidak lagi elastis ketika pedal rem ditarik. Cara memperbaiki rem cakram motor yang seret ini dengan membersihkan bagian caliper dengan air karena bisa jadi ada kotoran atau debu yang melekat di sana, kemudiaan berikan pelumas pada komponen itu dan tidak boleh terlalu banyak yach, cukup di sekitar piston saja.

7. Cara mengatasi rem cakram seret terakhir adalah sahabat cek pada bagian per, plat dan dudukan kampas, jika keadaan bagian ini sudah miring atau bengkok segera perbaiki, kebengkokan ini disebabkan goncangan ketika perjalanan di jalan yang cadas atau melewati polisi tidur dengan kecepatan tinggi.

0 Response to "Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret"

Poskan Komentar