Cara Memperbaiki CDI Motor Yang Rusak

Apakah bikers tahu bagaimana cara memperbaiki CDI sepeda motor yang rusak  ? Jika tidak maka rugi apabila Anda mempunyai motor keluaran pabrik di bawah tahun 2000-an karena CDI termasuk salah satu bagian yang sering mengalami kerusakan.

CDI kami katakan komponen utama di sepeda motor karena jika CDI rusak maka motor tidak bisa hidup, berbeda dengan komponen sekunder semisal speedometer, lampu dan lainnya. Fungsi yang penting dari CDI bisa disamakan dengan busi, piston, silinder dan sebagainya karena jika CDI tidak berfungsi dengan baik akan merusak kinerja kendaraan roda dua sahabat punya.



CDI mempunyai tugas utama dalam menaikkan tegangan listrik yang rendah dari accu menjadi tegangan tinggi sekitar 20.000 volt sampai 25.000 yang disalurkan kepada busi agar terjadi percikan api yang membakar kabut gas bbm di dalam silinder.

Cara Cek CDI  CDI Motor Rusak atau Tidak ?
Gampang sekali cara cek kondisi CDI sepeda motor, apakah telah rusak atau tidak yakni dengan menggunakan voltmeter, voltmeter adalah alat ukur untuk komponen elektronik yang bisa digunaan untuk memperbaiki sistem kelistrikan kendaraan.

Dengan menggunakan voltmeter kita akan mengetahui tegangan kerja yang dimiliki oleh CDI sepeda motor tersebut. Apabila anda ingin memperbaiki CDI pada sepeda motor, kawan blog cara otomotif dapat melakukan tips berikut:



Ikuti langkah-langkah memperbaiki CDI sepeda motor yang betul sebagai berikut yach :

1. Sobat posisikan voltmeter supaya dapat mengukur voltase di atas 320 volt.

2. Tempatkan kabel warna merah voltmeter pada kabel CDI yang akan menuju koil.

3. Kemudian kabel warna hitam voltmeter ditempatkan pada ground atau kerangka sepeda motor, paling mudah letakkan saja kabel warna hitam itu pada bagian mesin kendaraan.

4. Gunakan kick starter atau electric starter sepeda motor untuk menyalurkan tegangan kepada CDI. Kemudian anda teliti jarum voltmeter apakah bergerak di atas 200 volt ? jika ya maka CDI masih bagus.

5. Apabila jarum tegangan voltmeter tidak bergerak atau bergerak sangat sedikit sekali maka komponen ini rusak.

Apabila sobat tidak mempunyai voltmeter dapat mengecek kondisi CDI sepeda motor melepas kabel di CDI ke arah koil kemudian dekatkan dengan bagian bodi sepeda motor (ground) dan hidupkan dengan kick starter atau automatic starter. Bila terlihat percikkan api maka CDI masih baik.

Jika CDI telah rusak kami sarankan untuk membeli yang baru, jika ingin hemat Anda bisa menerapkan cara memperbaiki CDI sepeda motor yang rusak dengan membongkarnya namun butuh keahlihan mekanik yang tinggi karena pengerjaan sulit.

0 Response to "Cara Memperbaiki CDI Motor Yang Rusak"

Poskan Komentar