Cara Ganti Oli Motor Matic Mio Beat Sendiri

Bikers tentu ingin irit pengeluaran dalam merawat mesin matic tercinta, maka dari itu kita bagi cara ganti oli motor matic Mio dan Beat dengan tangan sendiri di rumah. Servis ringan sepeda motor matic itu hemat, menyenangkan dan dapat dikerjakan kurang dari 30 menit !

Menurut buku panduan motor matic dari pabrik bahwa pemilik harus mengganti oli mesin antara 2500 kilometer sampai dengan 3500 kilometer supaya tetap awet dan mempunyai performa yang baik. Jika oli mesin terlalu lama tidak diganti menjadi kotor, bahkan bisa menyusut dan akhirnya tidak tersisa oli di mesin. Dan ini sangat berbahaya bagi kondisi motor, bisa jadi Anda keluar uang banyak untuk biaya servis turun mesin.

Cara Ganti Oli Motor Matic Mio Beat Sendiri


Cara Mengganti Oli Motor Matic Mio Dan Beat Sendiri

1. Pilihlah tempat yang nyaman untuk ganti oli mesin sepda motor matic honda Beat atau Yamaha Mio Anda semisal di halaman rumah, teras rumah, garasi rumah dan lainnya. Kemudian letakkan kotak peralatan servis ringan ini di dekat sepeda motor karena sobat tentu tidak ingin berjalan berkeliling dan pusing mencari peralatan. Siapkan juga wadah dan kain lap untuk mengelap oli yang menetes atau mengalir.

2. Jagrak tengah atau tegap sepeda motor matic Anda karena jika dijagrak miring maka sahabat akan kesulitan dalam membuka baut pembuangan sampai dengan mengisi oli. Jangan lupa tunggu sepeda motor dalam keadaan dingin ya, tentu jika panas berbahaya bagi keselamatan kawan otomotif.


Artikel terkait :

  1.  Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Di Rumah
  2.  Cara Merawat Motor Matic Honda Beat Injeksi 
  3.  Cara Mengatasi Motor Mio Brebet Dengan Mudah 


3. Membuka Baut Pembuangan

lanjutkan tips cara otomotif kali ini dengan menggunakan kunci pas ukuran 12 untuk membuka baut pembuangan yang pada umumnya terletak di area bawah kiri dan ke samping. Jika ada buku panduan maka pelajari dimana letak posisi lubang pembuangan di motor matic Honda Beat atau Yamaha Mio. Apabila sobat menemukannya segera lepas dengan putaran berlawanan dengan jarum jam atau ke arah kiri.

4. Biarkan Oli Mengucur

Oli mesin motor matic sobat biarkan mengucur dalam waktu lama, bila ingin perfect maka bisa dibiarkan semalaman sehingga oli benar benar terkuras habis. Posisi sepeda miring ki kiri baik untuk mengalirkan oli. Jika Anda ada mesin kompresor udara maka gunakan untuk menyemburkan oli keluar dari mesin sampai habis total.



5. Tutup Baut Pembuangan

Gunakan kunci pas berukuran 12 untuk menutup lubang pembuangan dengan putaran searah jarum jam atau ke arah kanan.

6. Membuka Lubang Pengisian Oli

Buka penutup lubang pengisian oli mesin motor dengan tang, obeng (-) atau kunci lainnya. Pada umumnya lubang pengisian oli mati ada di bawah kanan atau berada di dekat kipas mesin motor matic.

7. Gunakan Corong Untuk Mengisi Oli.

Corong menjadi alat sederhana dalam cara ganti oli motor matic Mio dan Beat kali ini, Anda bisa membeli corong di bengkel motor atau corong di dapur ... jangan sampai kena marah isteri yach.. he he..

Tuangkan perlahan oli pada corong yang bagian ujungnya sudah berada dalam lubang pengisian oli, usahakan sobat mengikuti buku panduan tentang jenis oli dan berapa banyak yang disarankan. Selamat servis sepeda motor sendiri !

0 Response to "Cara Ganti Oli Motor Matic Mio Beat Sendiri"

Poskan Komentar