Cara Pasang Amplifier Di Mobil Mudah Dan Aman

Sobat otomotif kali ini membahas bagaimakah http://www.otokawan.com/2016/01/cara-pasang-amplifier-di-mobil-mudah.html ? Anda bisa bayangkan apabila Anda mengendarai mobil yang sunyi senyap tanpa ada suara yang bagus semisal nasyid, murottal qur'an dan lainnya. Tentu berkendara akan terasa sangat tidak menyenangkan dan membuat supir menjadi mengantuk, ini bahaya !

Amplifier adalah bagian penting dari sound system di kendaraan yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang merdu menuju speaker. Nah sahabat blog cara mobil mengatakan kalau kendaraa roda 4 tanpa sound system itu ibarat terkena musibah sepanjang perjanan karenan membosankan !

Di sisi yang lain Power Amplifier bisa jadi kurang merdu sehingga perlu diganti, atau Power Amplifier mengalami kerusakan semisal terbakar. 

Cara Pasang Amplifier Di Mobil Mudah Dan Aman


Anda bisa mendapatkan Power Amplifier, speaker dan lainnya dengan cara mudah semisal pergi ke toko aksesoris mobil, atau lebih gampang lagi Anda membeli lewat situs jual beli online terpercaya semisal tokopedia, bulalapak, berniaga, olx, kaskus dan lainnya.

Setelah membuka situs jual beli maka Anda lihat berbagai penawaran power audio second atau bekas, cari amplifier dengan keadaan baru semisal hanya dipakai 1 bulan. Kemudian periksa berapakah daya amplifier tersebut. Lakukan chatting atau telpon kepada penjual amplifier, kalau bisa penjual terpercaya dan bisa kopdar bro, supaya tidak tertipu.

Setelah mendapatkan Power Amplifier, kemudian ikuti share kami tentang tips memasang Amplifier di mobil yang bisa diterapkan secara praktis oleh kawan semuanya.

Cara Pasang Amplifier Di Mobil Dengan Mudah Dan Aman
1. Pelajari skema rangkaian atau jalur power supply yang mempunyai 3 terminal yakni, Rem, GND dan B+, inilah cara memasang power amplifier mobil sendiri yang utama dan penting bro :)



Penjelasannya :

- B+ disebut juga +12V pada power amplifier harus disambung dengan sumber power positif dari Accu, supaya aman pasang kabel yang pejal dan sekring besar.

- GND (Ground)akan disambung pada kabel Ground atau sambungkan saja Body kendaraan, sebaiknya kabel ground mempunyai ukuran yang sama besar dengan kabel B+. Cara mudah adalah Anda memasang kabel GND pada baut-baut yang tersambung pada bodi mobil.

- REM di power amplifier audio mobil mempunyai fungsi remote untuk nyala power amplifier pada saat head unit dinyalakan, terminal rem akan disambungkan dengan kabel dengan tulisan remote di head unit (tape).

2. cara pasang amplifier mobil yang aman yakni Anda memasang kabel merah (+)aki dan ulur kira-kira 40 cm dan hubungkan dengan sekring menuju amplifier (+) 12 Aki. Kabel positif (+) jangan dipasang terlalu dekat dari kabel RCA maupun kabel menuju speaker.

Kabel ground sebaikanya dipasang dengan cara aman juga yakni baut harus menempel pada bodi, baut tidak berkarat, amplas bodi hingga sampai hilang kotoran atau cat.

3. Selanjutnya Anda melepas head unit dan memasang kabel remote di head unit menuju amplifier, RCA jack dipasang pada area belakang head unit, ingat ya jangan terbali speaker kiri dan speaker kanannya.

4. Cara memasang amplifier mobil dilanjut dengan kabel speaker harus tepat dan tidak terbalik pada terminal (+) dan terminal (-), supaya awet maka sekrup dan disolder.

2 Responses to "Cara Pasang Amplifier Di Mobil Mudah Dan Aman"

  1. Saya ada 2 power 5 chenel dan 2 chenel saya bingung masang power 5 chenel bgai mn cra nya ya klo yg power 2chenel saya mau pasang buat pokal nah yg power 5 chenel saya mau pasang 1sapwoofer yg sya bingung psng kbl sapwoofer ya mslh ya ada 10 atas bwh
    + - nya tlng di bntu

    BalasHapus