Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Di Rumah

Cara ganti oli mesin mobil sendiri di rumah perlu diketahui dan dipraktekkan oleh sahabat otokawan supaya kendaraan roda empat lebih awet, irit dan performa lebih joss. Kebanyakan orang lebih suka mengganti oli mobil mereka dengan tangan orang lain alias datang ke bengkel mobil, namun jika Anda melakukan penggantian oli sendiri maka lebih hemat biaya serta lebih dekat lagi dengan tunggangan keseharian sobat.

Oke ! Anda telah memilih untuk menyingsingkan lengan baju dan masuk dalam ketegori pengemudi yang suka mengerjakan cara mengganti oli mobil, entah itu mobil Panther, Avanza, Xenia, Carry, Matic dan Sedan atau jenis mobil lainnya.

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Di Rumah


Nah sobat blog cara mobil, berikut adalah beberapa tips ganti oli mobil kesayangan Anda di antaranya yaitu,

1. Parkir mobil Anda pada tempat yang aman dan baik semisal dengan permukaan bertingkat seperti di bengkel, tancapkan rem parkir dan matikan mesin. Lebih mudah lagi apabila Anda menaikkan posisi depan mobil. Kami menyarankan supaya lebih aman lagi Anda taruh ganjalan pada roda dan kerangka bawah mobil (chasis).

2. Anda memanaskan mesin mobil sebentar saja (antara 2 – 3 menit), tujuannya supaya oli menjadi hangat sehingga keadaaan oli sedikit lebih encer dan mudah untuk mengalir keluar dengan cepat. Dan juga kotoran pada mesin akan bercampur dengan oli karena pada waktu oli dingin maka kotoran mengendap. Buka kap mobil apabila keadaan sudah dingin agar terhindar dari resiko.

3. Cara mengganti oli mobil kemudian adalah Anda siapkan mesin pompa udara untuk mempercepat aliran oli saat menguras, jika tidak ada maka sahabat bisa membiarkan airan oli mengalir dalam waktu yg lama semisal lebih dari 1 jam supaya semua oli yang bercampur dengan kotoran menetes keluar dari bak oli dan mesin.

4. Oke setelah mobil keadaan aman dan maka kenakan memakai kacamata keselamatan, masuk dengan merangkak ke bawah kendaraan dan cari bak oli pada sekitar mesin. Cari baut penutup saluran oli, pada umumnya baut penutup mempunyai kepala panjang.



5. Posisi wadah penampungan oli tepat di bawah penutup saluran oli yang menjadi tempat mengucurnya oli. Segera lepaskan baut penutup dengan menggunakan kunci. Anda melepas baut penutup dengan putaran ke kiri atau berlawanan arah jarum jam, ingat buka juga seal kertas yang menempet pada baut penutup, jikalau segell dari bahan logam, Anda dapat memakainya lagi jika kondisinya bagus.

6. Tunggu dalam waktu lama atau menggunakan mesin pompa udara untuk membersihkan oli. Setelah oli mobil keluar semua lewat lubang pembuangan maka segera Anda memasang baut penutup dengan kunci pas. Ingat ya, seal baut dipasang lagi atau diganti jika keadaannya jelek.

7. Anda lebih bagus lagi juga mengganti saringan oli yang biasanya terletak pada kolong mesin mobil dengan bentuk seperti kaleng atau silinder dengan warna biru atau putih, tergantung jenis dan merk saringan oli.

8. cara ganti oli mesin mobil dilanjutkan dengan menuangkan oli baru pada lubang pengisian oli, dan pastikan jumlah kapasitas cc sesuai dengan pandungan kendaraan sobat. Anda harus memakai oli yang sesuai dengan jenis kendaraan semisal dalam rentang oli 10W sampai .

9. Anda memasang tutup pengisian oli kembali dengan rapat, jangan sampai ada alat-alat masih ada di sekitar mesin semisal obeng, kunci dan lainnya. Sebaiknya Anda mengelap tetesan-tetesan atau bercak oli di sekitar mesin supaya tidak ada asap pada saat mobil digunakan.

10. Cara ganti oli mesin mobil sendiri di rumah yang terakhir, Anda menyalakan mobil dan keadaan lampu indikator tekanan oli harus mati seusah mesin menyala. Anda letakkan gigi netral dan rem tangan tertancap, cek lagi apakah terdapat oli yang menetes dari mesin.

0 Response to "Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Di Rumah"

Poskan Komentar