Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Sepeda Motor

Tips dan cara mengganti kampas rem cakram sepeda motor yang Anda pahami dengan baik dan diterapkan sesuai dengan petunjuk bakal memberikan sistem pengereman yang optimal dan presisi ketika berkendara.

Kita ketahui bahwa rem adalah bagian utama dari sebuah kendaraan supaya bisa berhenti dan menghindari kecelakaan di jalan raya, apalagi sepeda motor saat ini yang mudah sekali mencapai kecepatan tinggi dan berkendara dengan speed 60 km/jam adalah hal biasa. Oleh karena itu kawan otomotif harus memahami pembahasan tips mengganti kampas rem cakram kali ini.

v


Sekilas Sistem Rem Cakram Sepeda Motor
Sampai saat ini sepeda motor menggunakan 2 jenis sistem pengereman yang paling populer karena dapat menjamin keselamatan riders yakni, 1) sistem pengereman tromol (drum), 2) sistem pengereman cakram (disc brake).

Khusus sistem rem cakram ini adalah yang lebih baru dan disukai kebanyakan pengendara sepeda motor karena dapat memberikan tenaga pengereman yang kuat, presisi dan tergolong awet dalam pemakaian. Bahkan rem cakram bisa menghentikan sepeda motor dengan kecepatan tinggi hanya dalam waktu beberapa detik atau beberapa meter saja.



Sistem rem cakram sepeda motor mempunyai bagian utama berupa kampas rem cakram (brake pads), komponen ini dapat memberikan tenaga cengkeram yang luar biasa kuat meskipun pada medan berat semisal hujan, lumpur, jalan berbukit dan lainnya.

Cara mengganti kampas rem cakram belakang motor perlu dikerjakan secara rutin, paling tidak 2 tahun sekali karena penggunaan rem cakram bakal menjadikan kampas rem cakram tipis dan aus sehingga rem tidak lagi optimal.

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Sepeda Motor
Tips memasang kampas rem cakram motor jika diketahui dengan baik maka Anda tidak perlu lagi servis ke bengkel sepeda motor sehingga lebih hemat pengeluaran, dan Anda bisa menentukan tingkat atau level pengereman pada tuas rem sehingga lebih nyaman dan maksimal kinerjanya.

Sebelumnya sobat otomotif memasang kampas rem cakram yang baru maka harus menyiapkan 3 alat penting yaitu obeng besar, kunci L bintang dan kunci 8.

Pada awalnya, Anda mengendorkan baut pengikat brake pads memakai kunci 8 yang sudah disiapkan. Selanjutnya buka 2 baut bintang terletak pada braket kaliper berhubungan dengan tabung shockbreaker. Sesudah Anda melepas kaliper, maka Anda segera ganti kampas rem cakram sepeda motor yang baru.

Ingat Anda harus membersihkan kaliper dengan sikat kawat supaya kotoran dapat rontok sehingga pengereman nanti terasa sangat kuat. Oke, apabila pads baru terlah Anda pasang maka pastikan posisinya telat tepat dan tidak goyang, selanjutnya memasang kaliper pada keadaan awal.

Sekian ulasan tips dan cara mengganti kampas rem cakram sepeda motor yang dapat kami bagikan kepada sobat otomotif, kami harap Anda terbantu dengan ulasan kami kali ini, selamat mencoba dengan tangan sendiri di rumah ya !

0 Response to "Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Sepeda Motor"

Poskan Komentar