Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Agar Awet

Cara membersihkan rantai sepeda motor dan mengolesinya dengan pelumas bakal memperpanjang umur kerjanya sehingga Anda mendapatkan manfaat kendaraan lebih cepat, keliatan kinclong dan tidak perlu gonta-ganti rantai karena awet dalam pemakaian nomal dengan waktu minimal 2 tahun.

Membersihkan rantai sepeda motor dan sprocket sangat diperlukan karena bagian ini sangat dekat dengan ban dan paling rendah berdekatan dengan tanah sehingga rantai mudah sekali kotor, apabila rantai dan sprocket sepeda motor sudah kotor akan mengurangi kemampuan mesin dalam mentransfer tenaga penggerak menuju roda belakang, sehingga tenaga mesin menjadi loyo dan boros penggunaan bahan bakar mesin.

Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor


Jika Anda secara rutin membersihkan rantai sepeda motor serta sprocket maka umur rantai dan sprocket bakal semakin panjang, kemudian Anda juga perlu mengencangkan rantai sepeda motor sesuai dengan standar (tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar).

Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor

Anda harus tahu bawah membersihkan rantai mesin itu harus dilakukan dengan benar, dan jangan asal-asalan sehingga rantai dan sprocket masih kotor terus diberi pelumas maka hasilnya akan cepat kotor juga. Bersikan rantai sepeda motor pada waktu luang dan sobat merasa longgar semisal libur kuliah atau kerja pada hari minggu. 



Blog cara sepeda motor menyarankan beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam cara bersihkan rantai motor :

1. Kain yang sudah tidak terpakai untuk mencuci, dan kain kering untuk lap terakhir.

2. Oli rantai supaya motor akan bekerja dengan baik.

3. Alat pembersih lainnya semisal sikat gigi bekas yang bulunya tidak mudah lepas, atau jika ingin hasil maksimal bisa menggunakan produk sikat gigi rantai motor.

4. Sabun untuk membersihkan minyak atau oli yang menempel pada rantai.

5. Bensin atau pembersih rantai motor.

Anda perlu hati-hati : Kami sarakan supaya sahabat berhati-hati ketika memberikan oli rantai pada rantai supaya tidak terkena pada ban dan tangan apabila terkena maka cepat cuci dengan sabun dan air bersih ya !

Pertama, sebaiknya Anda membaca buku panduan atau guide dari pabrik untuk tau cara membersihkan rantai sepeda motor sekaligus bagaimanakah tips menyesuaikan kekencangan rantai.

Kedua, jagrak tengah sepeda motor karena dengan berdiri tegak membuat kawan mudah membersihkan rantai,

Ketiga, Janga lupa untuk menempatkan transmisi atau gigi pada posisi 0 atau netral supaya Anda bisa memutar roda belakang untuk membersihkan rantai secara keseluruhan.

Keempat, pakailah bensin atau pembersih rantai motor untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rantai dan sprocket, sikat dengan sikat gigi yang sudah usang. Putar roda ke arah belakang untuk dapat membersihkan seluruh rantai. Ingat ya ! Bagian dalam rantai bisa dibersihkan apabila kawan gigih, he he ..

Kelima, gunakanlah kain bekas yang sudah diberikan air sabun untuk membersihkan kotoran dan oli yang masih menempel pada rantai motor sehingga bersih.

Keenam, sekarang cara membersihkan rantai sepeda motor terakhir adalah mengelapnya dengan kain kering dan memberikannya pelumas rantai baik cairan ataupun semprot secara merata.

Oke kawan otomotif ! Sekarang Anda sudah mendapatkan rantai motor yang sudah bersih dan kinclong siaplah untuk mengendarainya keliling kota !

0 Response to "Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Agar Awet"

Poskan Komentar