Cara Membersihkan Radiator Motor Ninja, Xeon Dan MX

Cara Membersihkan Radiator Motor Ninja, Xeon Dan MX - Bayangkan coba, kalau sebuah kram air mampet karena kotoran pastinya alirannya tidak lancar. Maka sama dengan radiator apabila sudah kotor maka kinerja seluruh kendaraan ini tidak lancar alias bermasalah bro !

Radiator merupakan bagian sepeda motor yang sering kali bermasalah sehingga berakibat pada mogok atau paling tidak terjadi panas luar biasa pada mesin sehingga tenaga mesin loyo dan banyak asap yang keluar dari Ninja R, Xeon, Jupiter MX, Vario dan CS 1.

Ada cerita seorang riders yang sering kali mengeluh karena motornya sering mogok, ketika diservis di bengkel, apa coba masalahnya ? Radiator motor sangat kotor sekali.

Cara Membersihkan Radiator Motor


Blog cara motor menjelaskan, radiator diisi dengan air khusus atau air yang masih murni atau bening yang akan mendinginkan mesin dengan proses pendinginan cairan yang akan disalurkan kepada mesin dan kembali lagi ke radiator untuk didinginkan dengan kipas, dan sistem berputar lagi terus selama kendaraan berjalan.

Apabila Anda mendapati air radiator itu sudah kotor dengan warna coklat atau hitam maka segera ganti dengan membuangnya lewat pipa pembungan, dan diganti dengan air radiator atau air bersih yang bening, oke !



Tips Membersihkan Radiator Motor Xeon, Jupiter M, Ninja R, X, Vario dan CS 1

Nah di atas adalah cara membersihkan karburator yang simple, kemudian apabila sobat otomotif ingin membersihkan bagian dalam radiator motor maka harus melakukan pekerjaan yang sedikit lebih sulit yaitu :

1. Buka penutup radiator

Ketika membuka penutup radiator pastikan radiator atau mesin dlam keadaan mati dan dingin, apabila tidak maka air radiator itu akan menyembur keluar dengan keras sehingga berbahaya bagi keselamatan Anda.

2. Lanjutkan dengan mengisi radiator dengan air bening (lebih baik air dalam dalam kemasan semisal fit) yang dicampur dengan cairan radiator flush sekitar 125 ml, selanjutnya tutup radiator motor.

3. Kemudian nyalakan mesin motor setidaknya 25 menit, lebih mudah bila Anda menggunakan stopwatch pada smartphone untuk mendapatkan waktu yang tepat. Matikan mesin motor hingga dingin, buka radiator untuk membuang cairan radiator, Anda akan mendapati air radiator berwarna keruh (semisal coklat) yang merupakan pertanda kotoran-kotoran dalam radiator larut terbuang bersama air.

4. Akan lebih baik Anda ulangi cara membersihkan radiator motor ini dengan mengisi dengan air kemasan fit sampai air radiator yang keluar nampak bening. Finish, mudah bukan !

0 Response to "Cara Membersihkan Radiator Motor Ninja, Xeon Dan MX"

Poskan Komentar