Mengapa Mio Susah Hidup Waktu Dingin?

Anda pengguna motor mio? Pernahkah mengalami mio susah hidup waktu dingin ? Menyebalkan sekaligus menjengkan, benar tidak ? Waktu dingin ini bisa berarti dua hal, pertama yang dingin adalah cuacanya, dan kedua adalah motor dalam kondisi dingin. Motor dingin bisa karena lama tidak digunakan semisal Yamaha Mio 2 bulan lebih tidak pernah diajak keliling kota.

Motor Yamaha mio m3, mio soul gt 125 dan mio fino baik yang model sporty, premium dan classic memang menjadi tunggangan yang begitu disukai oleh rider tanah air dan terutama bagi para perempuan yang berangkat sekolah, kuliah ataupun kerja di kantor.

Penyebab Mio Susah Hidup Waktu Dingin

Jika sudah motor mio sulit hidup saat dingin muncul dan menjadi masalah yang sering terjadi pada motor kesayangan Anda. Contohnya ketika mau berangkat kerja motor mio mogok, euh tentu sangat mengganggu bukan ?

Sering pengguna motor mio mengeluhkan motornya susah hidup waktu dingin. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab kami blog tips cara motor mengulas diantaranya yakni :

1. Motor tidak tebiasa dipanasi

Salah satu kebiasaan kecil yang sebaiknya dilakukan adalah memanasi motor sebelum digunakan. Pemanasan ini menjadi salah satu perawatan pada motor. Selain juga mengganti oli dan melakukan servis motor secara berkala. Ada kalanya kita tidak menggunakan motor dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya kita panasi motor jika tidak dipakai. Hal ini bisa tetap merawat mesin. Jika digunakan setiap hari pun, sebaiknya dipanasi pada pagi hari atau sebelum digunakan. Panasi motor sekitar 2-3 menit agar mesin siap digunakan.

2. Aki

Hal kedua yang menyebabkan motor susah hidup waktu dingin adalah aki. Aki adalah parts motor yang berfungsi untuk menghidupkan listrik dan juga mesin. Ada dua jenis aki pada motor mio, yakni aki basah dan aki kering. Aki kering adalah aki dengan bentuk lebih kecil dan mudah digunakan, namun dari segi awet lebih awet aki basah. Sebab aki basah, jika airnya habis masih bisa diiisi kembali. Sedangkan aki kering jika sudah rusak tidak bisa diperbaiki. Masa sebuah aki berkisar antara 2 tahun. Namun jika penggunaan motornya tidak benar bisa juga 1 tahun sudah rusak. Tanda-tanda aki yang rusak atau tekor adalah mesin tidak bisa menyala walaupun sudah di starter berkali-kali.

3. Klep motor

Jika ada masalah di aki motor besar kemungkinan akan merambat ke klep motor. Jika klep motor sudah kotor maka akan susah dihidupkan atau distarter. Jika klep motor kotor terkadang masih bisa dinyalakan, namun bisa pula mati di tengah jalan saat digunakan.

Untuk menghindari motor mogok atau susah dinyalakan sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala. Panasi motor setiap akan digunakan, lalukan pengecekan terhadap oli, dan servis secara berkala. Khususnya untuk motor mio, cek pula kondisi ban. Karena ukuran ban yang kecil kemungkinan kempes akan lebih besar. Itulah cara menangani motor mio susah hidup waktu dingin.

0 Response to "Mengapa Mio Susah Hidup Waktu Dingin?"

Poskan Komentar