Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam Dan Putih

Kesal dan pusing ! Itulah perasaan kawan otomotif yang mendapati motor miliknya mengeluarkan asap yang tebal, baik asap itu berwarna putih ataupun hitam. Maka jika punya masalah pada motor? Bingung cara memperbaiki motor berasap ? Pada perjumpaan dengan kami kali ini akan mengulas bagaimana tips menghilangkan asap motor dengan langkah yang mudah dan cepat.

Tidak dibayang apabila Anda menjadi pusat perhatian di jalan raya karena motor mengeluarkan asap bukan ? Bisa jadi orang berpikir bahwa pemilik kendaraan itu tidak pernah merawat tunggangannya, atau kita merasa khawatir ada masalah berat yang terjadi pada sistem mesin motor kesayangan.

Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam Dan Putih

Motor berasap adalah suatu kondisi dimana motor mengeluarkan asap. Hal yang wajar jika kendaraan bermotor mengeluarkan asap. Bukan menjadi masalah jika asap yang dikeluarkan tidak berbau dan tidak berwarna. Menjadi masalah jika motor mengeluarkan asap. Ada dua jenis asap yang bisa dikeluarkan motor, yakni asap hitam dan asap putih. Asap ini selain merugikan pengendara juga menjadikan polusi udara. Selain itu, bisa mengganggu pengguna jalan yang lainnya.

Yup sobat tips motor, sekarang lalu kenapa atau apa penyebab motor berasap? Yuk kita ulas supaya lebih paham tetang cara mengurangi asap motor yang tebal, yakni :

1.Motor yang sudah lama

Seperti benda-benda lainnya, motor juga mempunyai kualitas yang bisa menurun ketika usia lama. Suku cadang dan performa mesin pun menurun seiring usia motor bertambah. Ketika motor berusia 5 tahun lebih biasanya akan ada pembenahan sana sini. Termasuk juga adanya kerusakan dan bisa menyebabkan motor berasap. Lihatlah di jalanan, biasanya motor yang berasap adalah jenis motor lama. Kalau motor jenis baru jarang ada yang mengeluarkan asap. Karena secara spair parts semua masih baru.

2.Oli yang terbakar.

Munculnya asap putih pada motor bisa disebabkan oleh adanya oli yang terbakar dalan knalpot. Oli yang seharusnya tidak sampai bocor ke dalam knalpot bisa mengalami pembakaran. Penyebab bisa bermacam-macam, antara lain piston yang sudah oblak terhadap silinder. Ring oli yang sudah aus, dan sil klep yang sudah mengeras. Semua hal di atas bisa menyebabkan oli terbakar di dalam silinder knalpot. 

Sedangkan asap warna hitam pada motor 4 tak itu pada umumnya disebabkan oli yang masuk ke ruang pembakaran (silinder) karena klep yang kendur atau komponen yang mengalami kerusakan semisal kepala piston agak kendur

Untuk itu, ada beberapa cara memperbaiki motor berasap yang bisa Anda lakukan,

1. Lakukan pengecekan secara rutin pada motor. Pengecekan ini tidak bisa dilakukan sendiri. Lakukan service motor Anda secara berkala dan penggantian oli secara rutin. Kedua hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang fatal dan tidak diketahui.

2. Gantilah bagian yang menyebabkan munculnya asap putih. Biasanya bagian yang sering menjadi penyebab adalah klep yang kotor atau rusak. Untuk itu segera gantilah parts tersebut. Di bengkel motor, ketika service biasanya ada keterangan parts mana yang harus diganti pada kilometer tertentu. hal itu bertujuan untuk menjada performa dan mesin tetap awet.

Oke sobat itulah sekilas tips mengatasi knalpot motor keluar asap hitam ataupun putih yang bisa dikerjakan semula dari sekarang.

4 Responses to "Cara Memperbaiki Motor Berasap Hitam Dan Putih"

  1. thx info nya bisa belajar banyak nih dari post nya :D

    mgmcash88

    BalasHapus
  2. Mas kalau motor metik setiap ganti oli . banyak asap putih yang keluar jika di gas . jadi apa masalahnya

    BalasHapus
  3. Mas kalau motor metik setiap ganti oli . banyak asap putih yang keluar jika di gas . jadi apa masalahnya

    BalasHapus
  4. Mas kalau motor metik setiap ganti oli . banyak asap putih yang keluar jika di gas . jadi apa masalahnya

    BalasHapus