Cara Kerja Kopling Otomatis Sepeda Motor

Rasa penasaran kawan otomotif akan cara kerja kopling otomatis sepeda motor bebek semisal  Jupiter Z, Smash, Vega R atau pada umumnya tentu harus dituntaskan dengan pembahasan yang gamblang dan tidak bertele-tele. Kita tentu malu sebagai penggiat motor tetapi tidak paham mengenai bahasan kopling otomomatis, bener gak !

Jika dahulu motor bebek dengan kopling otomatis lebih disukai daripada motor laki dengan kopling manual, sekarang motor skuter matik menjadi trend sekarang, sobat bisa melihat berbagai motor matic dengan bersliweran di jalan raya. Tetapi pengetahuan tentang kopling otomatis ini penting untuk dipelajari.

Cara Kerja Kopling Otomatis Sepeda Motor


Penjelasan Cara Kerja Kopling Otomatis Pada Sepeda Motor

Sebelum kami membeberkan sistem kerja kopling otomomatis sepeda motor yuk kita ketahui kenali lebih dalam tentangnya :

Fungsi Kopling Sepeda Motor

Kopling merupakan komponen pada mesin sepeda motor yang mempunyai tugas penting sebagai penghubung dan memutuskan tenaga putaran di poros engkol ke gigi perseneling atau transmisi. Pada kopling yang diadopsi pabrikan motor tanah air dikenal dengan 2 cara kerja kopling yakni kopling secara manual dan kopling secara otomatis. Secara general, kopling motor yang beredar di pasar otomotif Indonesia itu ada 2 yaitu tipe basah dan sistem plat ganda atau majemuk yang dijelaskan sebagai plat kopling terendam oli supaya lebih awet dan mulus kerjanya serta dengan ciri beberapa lempengan plat kopling.

Kenali Cara Kerja Kopling Manual Pada Sepeda Motor
Cara kerja kopling manual sepeda motor itu harus dengan tangan sepeda motor ketika menarik handle kopling sehingga kopling bekerja untuk memutur putaran poros engkol ke transmisi terputus dan ketika melepas handle kopling maka kopling menghubungkan kembali poros engkol.



Kenali Cara Kerja Kopling Otomatis Sepeda Motor
Kopling otomatis atau disebut kopling sentrifugal mempunyai sistem kerja yang hampir sama dengan kopling manual akan tetapi dikerjakan oleh kopling sentrifugal bukan dengan manual (pengendara motor menarik kabel kopling atau tekanan cairan hidrolik).

Cara kerja kopling otomatis ini dijelaskan sebagai berikut :

Ketika pengendara menaikkan gas dan menurunkannya secara cepat maka terjadi putaran mesin stasioner (rendah) sehingga terjadi gaya sentrifugal pada komponen kopilng otomatis yang berakibat terlepasnya poros engkol karena kampas kopling tertarik.

Hal itu terjadi karena pemberat berubah lebih kecil yang berdampak sepatu kopling melepas dari rumah kopling kemudian tertarik ke arah poros engkol, akibatnya rumah kopling yang berhubungan dengan gigi pertama penggerak melepaskan diri dari poros engkol.

Ketika putaran mesin semakin tinggi maka gaya sentrifugal menjadi lebih besar yang membuat kanvas kopling terdorong lagi kepada rumah kopling karena gaya tarik pengembali menjadi lebih kecil atau kalah. Rumah kopling kemudian kembali berputar mengikuti poros engkol dengan tugas menghubungkan tenaga gigi pertama untuk menggerakkan roda.

Anda bisa memahmi juga cara kerja kopling kedua yang posisinya berbarengan dengan primary driven gear di countershaft (poros center) yang berkaitan pada mekanisme pemindah gigi transmisi. Ketika gigi transmisi dirubah dengan pedal pemindah gigi maka kopling kedua menjadi bebas karena adanya gerakan poros pemindah gigi.

Nah itulah cara kerja kopling sepeda motor yang bisa kami share pada pertemua ini semoga pengetahua sobat otomotif terus bertambah ya..!

0 Response to "Cara Kerja Kopling Otomatis Sepeda Motor"

Poskan Komentar